Berita Simeulue

Kemenag Aceh Matangkan Persiapan Pemantauan Gerhana Matahari Cincin di Simeulue

Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh telah melakukan uji coba teleskop untuk pemantauan gerhana matahari cincin pada Kamis (26/12/2019)..

Kemenag Aceh Matangkan Persiapan Pemantauan Gerhana Matahari Cincin di Simeulue
For Serambinews.com
Ujicoba teleskop untuk persiapan pemantauan Gerhana Matahari Cincin di Kabupaten Simeulue, Rabu (25/12/2019). 

Kemenag Aceh Matangkan Persiapan Pemantauan Gerhana Matahari Cincin di Simeulue

Laporan Sari Muliyasno | Simeulue 

SERAMBINEWS.COM, SINABANG - Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh telah melakukan uji coba teleskop untuk pemantauan gerhana matahari cincin pada Kamis (26/12/2019) di Kabupaten Simeulue, yang dipusatlam di Masjid Agung Baiturrahmah Sinabang.

Kabid Urais dan Binsyar Kanwil Kemenag Aceh, Hamdan, mengajak masyarakat untuk sama-sama menyaksikan Gerhana Matahari Cincin (GMC) serta melaksanakan shalat gerhana (kusuf) yang akan melintasi wilayah Aceh.

Ajakan itu disampaikan Hamdan saat meninjau persiapan pemantauan gerhana di Masjid Baiturrahmah Sinabang, Kabupaten Simeulue, Rabu (25/12).

KaKanwil Kemenag Aceh Beserta pejabat jajaran Kemenag Aceh juga dijadwalkan hadir pada kegiatan tersebut. Hal itu sebagaimana disampaikan Kasubbag Inmas Kanwil Kemenag Aceh Muhammad Nasril, dalam rilisnya yang diterima Serambinews.com.

Pemantauan GMC dilakukan di Sinabang dikarenakan khusus di kabupaten Simeulue dan kabupaten Aceh Singkil akan terjadi gerhana matahari cincin, sementara di 21 daerah lainnya di Aceh akan terjadi gerhana matahari sebagian.

Kakanwil Kemenag Aceh Daud Pakeh Resmikan Bangunan Asrama Pesantren Ashabil Quran di Simeulue

Polres Pidie Kerahkan 200 Personel Amankan Puncak Memperingati 15 Tahun Tsunami

Mengenang 15 Tahun Tsunami Aceh, Cahaya Aceh Serukan Tagar #SolidarityDay dan #CareDay

Hamdan mengatakan selain dilakukan pemantauan gerhana, di Masjid tersebut juga akan dilaksanakan shalat kusuf, dan yang bertindak sebagai Khatib, ustadz Dr H Suhrawardi Ilyas MSc, dosen fisika Unsyiah yang juga anggota Badan Hisab Rukyat (BHR) Provinsi Aceh.

Selain menyediakan teleskop, Kemenag Aceh, lanjut Hamdan, juga menyediakan ratusan kacamata khusus bagi masyarakat yang ingin menyaksikan langsung di depan Masjid Baiturrahmah Sinabang.

"Kita melakukan pemantauan disini karena memang ada sesuatu yang lebih. Berbagai persiapan telah kita lakukan jauh-jauh hari, mudah-mudahan besok cuacanya bagus dan tidak ada kendala apapun, sehingga kita bisa menyaksikan salah satu karunia Allah ini," ujar Hamdan.

Sementara itu, berdasarkan data tim falakiyah kanwil Kemenag Aceh, gerhana matahari besok secara keseluruhan diperkirakan akan terjadi sekira pukul 10.08-13.56 WIB atau sekira 3 jam 45 menit 52 detik.(*)

Mahasiswa Kedokteran Unimal yang Meninggal Tenggelam di Blang Kolam Seperti Tersedot ke Dalam Air

Turnamen Piala Camat Peusangan, Poros Muda Imbangi PSBU

Mengenang Tsunami Aceh, Jasad Tidak Bertemu, Rumah Pun Belum Dapat

Penulis: Sari Muliyasno
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved