Breaking News:

15 Tahun Tsunami Aceh

Warga Berkemah di Lahan Bekas Tsunami, Mengenang Tragedi 15 Tahun Lalu yang Menerjang Desa Mereka

Tempat mereka berkemah itu dulunya merupakan kawasan tempat tinggal mereka sebelum tsunami.

Serambinews.com
Para keluarga korban tsunami membangun tenda di perkampungan bekas tsunami di Desa Pante Mutia, Kecamatan, Arongan Lambelek, Aceh Barat, Kamis (26/12/2019) malam, untuk berdoa dan berzikir bersama di lokasi itu. 

Laporan Sa’dul Bahri | Aceh Barat

SERAMBINEWS.COM, MEULABOH - Masyarakat dari berbagai kalangan meramaikan zikir dan doa bersama di tenda yang sengaja didirikan di lokasi bekas yang luluhlantak diterjang tsunami di kawasan Pante Mutia, Kecamatan Arongan Lambalek, Kabupaten Aceh Barat, Kamis (26/12/2019).

Warga membangun tenda-tenda kecil di lahan bekas tsunami itu dan bermalam di sana sambil mendoakan keluarga mereka yang menjadi korban tragedi 15 tahun lalu itu.

"Kami tidak bisa melupakan tragedi tsunami yang begitu dahsyahnya, keluarga kami lenyap dan tanpa kami ketahui kemana hilangnya saat itu. Kami yang tinggal ini hanya bisa memanjatkan doa kepada mereka yang telah tiada,” ungkap Saedah (45), salah satu warga yang berkemah di Pante Mutia kepada Serambinews.com, Kamis (26/12/2019).

Beberapa warga lainnya juga menyebutkan, tempat mereka berkemah itu dulunya merupakan kawasan tempat tinggal mereka sebelum tsunami.

Pascatsunami, semua penduduk yang tersisa di Gampong Pante Mutia tersebut direlokasi ke Gampong Seneubok Tengoh, Kecamatan Arongan Lambalek.

Namun mereka masih belum bisa meninggalkan sepenuhnya desa tersebut yang merupakan tempat kelahiran mereka.

Mereka pun sengaja bermalam di lokasi ini untuk mengenang anggota keluarga, saudara dan kerabat yang hilang disapu gelombang tsunami pada 26 Desember 2004 silam.

Di bekas kampung halamannya itu, warga mendirikan tenda dari terpal, serta mendirikan dapur umum untuk seluruh warga yang berkemah satu malam di lokasi itu.

Aktivitas ini ternyata hampir setiap tahun mereka lakukan di setiap malam tanggal 26 Desember.

Halaman
12
Penulis: Sa'dul Bahri
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved