Haba Senator

Abdullah Puteh: Istana Karang Berpotensi Serap Wisatawan

Anggota DPD RI Abdullah Puteh menilai Istana Karang sangat berpotensi menjadi daya tarik wisatawan bila dikelola dengan baik.

Abdullah Puteh: Istana Karang Berpotensi Serap Wisatawan
Serambinews.com
Anggota DPD RI Abdullah Puteh (dua kanan) saat menjembatani dialog antara Bupati Aceh Tamiang Mursil (kanan) dengan ahli waris Istana Karang, Sabtu (28/12/2019) 

Laporan Rahmad Wiguna | Aceh Tamiang

SERAMBINEWS.COM, KUALASIMPANG - Anggota DPD RI Abdullah Puteh menilai Istana Karang sangat berpotensi menjadi daya tarik wisatawan bila dikelola dengan baik. 

Pujian serupa juga dilontarkan tim arsitek Ridwan Kamil ketika diminta Puteh menilai keberadaan istana tersebut. 

"Mereka heran kok peninggalan sejarah tidak dikelola, padahal ini heritage, sangat berpotensi menarik wisatawan," kata Abdullah Puteh ketika menjembatani dialog antara Bupati Aceh Tamiang Mursil dengan ahli waris Istana Karang, Sabtu (28/12/2019). 

Setelah mendengar penjelasan Mursil terkait tarik menarik kepemilikan aset istana ini, Puteh pun mencoba ikut memperjuangkan pengembalian Istana Karang ke Pemkab Aceh Tamiang. 

"Sejarah Tamiang cukup panjang. Bukan cuma Istana Karang, termasuk dugaan ada pelabuhan Kerajaan Majapahit. Ini harus kita gali," kata dia. 

Puteh yang menjabat Wakil Ketua Komite II DPD RI memang fokus membenahi perekonomian di daerah. Agar tak salah dalam "menjemput" anggaran ke pusat, dia mencoba melihat dan mendengarkan potensi yang bisa diusulkan ke masing-masing kementerian. 

"Komite saya bermitra dengan sepuluh kementerian. Ini harus dioptimalkan, termasuk perawatan Istana Karang, ini ada biayanya," ujarnya. 

Lebih jauh dia mengatakan, Istana Karang nantinya tidak hanya menumbuhkan perekonomian masyarakat, tapi juga sebagai rujukan generasi muda menelusuri kehidupan masa lampau Bumi Muda Sedia.(*)

Pemkab Upayakan Istana Karang Menjadi Simbol Kebudayaan Tamiang

TA Khalid Janji Perjuangkan Pembangunan Pabrik Es Batangan di Seneubok Cantek Aceh Tamiang

Resmi, Madura United Rekrut Zah Rahan Sebagai Pemain Asing Pertama untuk Musim 2020

Inilah Sosok Pemain Terpenting untuk FC Barcelona, Bukan Lionel Messi

Penulis: Rahmad Wiguna
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved