Berita Banda Aceh

Cegah Penipuan Travel Umrah, Kemenag Imbau Jamaah Gunakan Aplikasi Umrah Cerdas

Aplikasi yang dapat didownload secara gratis di Play Store itu adalah salah satu cara bagi masyarakat untuk mengetahui travel umrah itu resmi..

Cegah Penipuan Travel Umrah, Kemenag Imbau Jamaah Gunakan Aplikasi Umrah Cerdas
apps.apple.com
Aplikasi Umrah Cerdas. 

Laporan Mawaddatul Husna | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Aceh mengimbau masyarakat untuk menggunakan aplikasi "Umrah Cerdas" untuk mengetahui mana travel umrah resmi atau tidak resmi, sehingga dapat mencegah terjadinya penipuan.

Aplikasi yang dapat didownload secara gratis di Play Store itu adalah salah satu cara bagi masyarakat untuk mengetahui travel umrah itu resmi atau tidak.

"Nanti tinggal ketik nama travel umrah di aplikasi itu, misalnya travel A atau travel B. Apabila travel itu mempunyai izin maka akan keluar keterangannya. Tapi, kalau tidak ada izin maka tidak ditemukan," kata Kepala Bidang Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Aceh, Samhudi kepada Serambinews.com, Selasa (31/12/2019).

Anggota DPRA Asrizal H Asnawi Umrahkan Guru Terpencil

Guru Madrasah Raih Hadiah Umrah  

Misteri Kematian Hakim PN Medan, Istri Jamaluddin Sebut Hendak Umrah, Pengacara Beber Rencana Cerai

Hal ini penting diketahui masyarakat, karena efek dari masa tunggu haji yang lama sampai 27 tahun itu dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang meraih keuntungan dari orang-orang yang merindukan Tanah Suci.

"Maka masyarakat diimbau untuk cerdas melihat mana travel umrah resmi atau tidak resmi melalui aplikasi Umrah Cerdas," kata Samhudi yang menyebutkan ada 28 travel umrah resmi yang tercatat di Aceh.

Ia menambahkan jamaah juga jangan tertipu dengan harga murah yang ditawarkan oleh travel umrah.

Pemerintah sudah menetapkan harganya itu minimal Rp 20 juta yang sudah mencakup dengan harga tiket, hotel bintang tiga dan lainnya.

Begini Nasib Lima Pria yang Ditangkap Atas Tuduhan Berjudi Pada Malam Tahun Baru

Penyuluh Honorer Dapat Tiket Umrah

Berniat Umrah Sejak Lima Tahun Lalu, Penyuluh Agama Ini Dapat Tiket Umrah dari Jalan Santai

"Apabila ada travel umrah yang menawarkan harga dibawah harga yang sudah ditetapkan oleh pemerintah, misalnya Rp 18 juta maka itu secara aturan dibolehkan, tapi layak dicurigai. Kita akan memanggil pihak travel untuk mengklarifikasi harga yang ditawarkan itu, " kata Samhudi.

Hal lain yang juga harus diperhatikan oleh jamaah umrah adalah standar pelayanan minimal untuk penerbangan hanya boleh dua kali transit.

Apabila lebih dari itu maka patut dicurigai, misal dari Aceh ke Malaysia kemudian ke Colombo, selanjutnya ke negara lain baru mendarat di Tanah Suci.

Maka jamaah umrah diimbau untuk memperhatikan jadwal keberangkatan, tiket, menggunakan penerbangan apa, kemana dan dimana saja transitnya, kemudian hotelnya harus berbintang tiga.

"Apabila jamaah umrah menemukan hal-hal yang mencurigakan maka bisa juga membuat pengaduan di aplikasi Umrah Cerdas tersebut, atau melapor ke Kankemenag kabupaten/kota agar segera ditindaklanjuti," kata Samhudi. (*)

Penulis: Mawaddatul Husna
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved