The Arts Open Days 2020

Unsyiah Gelar TheArts OpenDays 2020, Catat Tanggalnya

TheArts OpenDays digelar lima hari, mulai Sabtu hingga Rabu, 4-8 Januari 2020 di Kompleks Gedung Jurusan Pendidikan Seni Unsyiah Darussalam.

Unsyiah Gelar TheArts OpenDays 2020, Catat Tanggalnya
kiriman panitia
Flyer Unsyiah TheArts OpenDays 2020 

Laporan Subur Dani | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Tiga institusi yang berkiprah dalam bidang pelestarian dan pengembangan keilmuan seni, keterampilan, teknologi dan pengetahuan kebudayaan di Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) menggelar perhelatan terbuka bertajuk TheArts OpenDays dalam misi “apresiasi seni terbuka, khas, gembira dan cerdas.”

Kegiatan itu digelar selama lima hari, mulai Sabtu hingga Rabu, 4-8 Januari 2020 di Kompleks Gedung Jurusan Pendidikan Seni Unsyiah Darussalam, Banda Aceh.

Tiga institusi penyelenggara perdana even “TheArts OpenDays 2020” adalah yakni, Jurusan Pendidikan Seni, eks. Sendratasik, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (Kampus Seni), Pusat Riset dan Pengembangan Seni (Pusat Seni) serta Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Seni (HIMA Seni) Universitas Syiah Kuala.

Bekerjasama dengan Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik, Pusat Riset Ilmu Ilmu Sosial dan Budaya (PPISB) Unsyiah serta sejumlah pakar pendidikan, seni dan kebudayaan, mahasiswa, siswa, dan pelajar di Banda Aceh.

Ketua Pusat Seni Universitas Syiah Kuala, Ari Palawi mengatakan, TheArts OpenDays kali ini akan berkembang sebagai kemasan alternatif konsep wisata edukasi khalayak atas perkembangan termutakhir ilmu pengetahuan dan seni dunia dalam bermacam wujud inovasi dan ekspresi kreatif sumber daya manusia dan budaya di Aceh.

"Beberapa agenda penting seperti Master class dari sejumlah tokoh dan pakar yang akan mendorong pemanfaatan kreasi kebudayaan dan seni serta daya cipta terapan ilmu pengetahuan lainnya yang lebih dewasa sekaligus mensejahterakan semua pihak," katanya.

Selain itu, akan ada coaching clinic yakni pendampingan para pelajar dan siswa sekolah tingkat dasar, menengah pertama dan menengah atas, terhadap wawasan sekaligus pengalamaan berkesenian yang mencerahkan daya apresiasi pembelajar terhadap seni khususnya.

Pendampingan khusus bagi peminat pembelajaran seni di tingkat pendidikan tinggi akan difasilitasi infomasi jalur penerimaan masuk perguruan tinggi seni se-Indonesia, berikut persiapan-persiapan yang perlu dilakukan terkait kelengkapan persyartan portofolio calon mahasiswa seni.

"Kemudian ada mural mass atau mural massal yakni kegiatan menggambar dan melukis sebahagian besar dinding bangunan di komplek kampus seni Unsyiah," kata Ari.

Dan yang menarik, 5 hari kegiatan TheArts Opendays ini, terbuka kegiatan pameran seni rupa – gambar, desain dan instalasi oleh mahasiswa/i Jurusan Pendidikan Seni dan Program Studi Arsitektur Unsyiah, bertajuk “Seuramoe Rupa” yang nantinya akan didampingi oleh karya-karya rupa pilihan dari para perupa profesional.

“Ini progressif, bahkan sebagai sebuah gerakan inklusi yang sangat berkarakter seni dalam memperkenalkan hingga mendapatkan pengalaman berkesenian yang sarat nuansa kreatif dalam ragam inovasi artistik, juga edukatif," ujar Ari Palawi, alumnus musikologi dan etnomusikolog dari ISI Yogyakarta, University of Hawaii at Manoa dan Monash University ini.

Kegiatan ini akan turut dimeriahkan oleh para sahabat seni dan sejawat kelembagaan, diantaranya, Pemerinta Aceh melalui Dinas Pendidikan, Kebudayaan dan Pariwisatanya serta komunitas-komunitas seni professional seperti Lampoh Ranup, CikalOn, Skorsing Dua Semester, Fourtones, Galaxy, Andi Seuramoe Reggae dan menyusul lainnya.

"Kepada seluruh pihak sekolah kiranya dapat segera menginformasikan kunjungan khususnya untuk kesempatan terbuka bagi pelajar dan siswa dalam mengapresiasi seni dengan kemanfaatan yang dimengerti melalui TheArts OpenDays 2020 ini," demikian Ari Palawi.(*)

Kejari Nagan Raya Serahkan Tersangka Kasus Pembunuhan Mandor Berlatar Perselingkuhan ke PN

Barak Santri Rata Dengan Tanah, Dayah Inti Darul Aitami Ludes Terbakar

Berkunjung ke Aceh, Ketua DPD RI AA LaNyalla Awali Subuh Berjamaah dan Ziarah Makam

Penulis: Subur Dani
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved