Berita Banda Aceh

Aceh Masih Peringkat Pertama Provinsi Termiskin di Sumatera, BI: Bukan Kesalahan Plt Gubernur Semata

Badan Pusat Statistik Provinsi Aceh merilis Aceh masih bertahan sebagai provinsi termiskin di Pulau Sumatera di tengah besarnya anggaran daerah

Aceh Masih Peringkat Pertama Provinsi Termiskin di Sumatera, BI: Bukan Kesalahan Plt Gubernur Semata
Viral Medsos
Spanduk bertuliskan “Selamat & Sukses Kepada Pemerintah Aceh Atas Prestasi Menjadi Juara Bertahan Sebagai Provinsi Termiskin Se-Sumatera” sempat terpasang di kawasan Simpang Lima, Banda Aceh. 

Laporan Masrizal | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Baru-baru ini Badan Pusat Statistik Provinsi Aceh merilis Aceh masih bertahan sebagai provinsi termiskin di Pulau Sumatera di tengah besarnya anggaran daerah.

Terkait hasil survei ini, sejumlah pihak mengkritik pemerintah atas status tersebut.

Bahkan ada yang menaikan spanduk dengan nada Selamat Datang di Provinsi Termiskin se Sumatera.

Deputi Kepala BI Aceh, Teuku Munandar menyatakan bahwa kemiskinan di Aceh terjadi bukan karena semata-mata salah Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah.

“Bukan hanya Pak Gubernur, tapi kita semuanya punya andil walaupun persentasinya berbeda-beda, termasuk DPRA,” katanya saat menjadi pembicara pada diskusi publik di salah satu warkop di Banda Aceh, Kamis (23/1/2020).

Meunasah Rusak Dihantam Banjir, Warga Tangse Pidie, Makan Kenduri Maulid di Tenda

Diskusi itu diprakarsai oleh LSM Institute for Development of Achenes society (IDeAS) dan Masyarakat Peduli Otsus (MPO) Aceh dengan tema APBA 2020 Untuk Siapa?

Selain dari BI Aceh, hadir dalam diskusi itu Ketua DPRA, Dahlan Jamaluddin, Kepala Ombudsman Perwakilan Aceh, Taqwaddin, perwakilan Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh, praktisi hukum, pengamat, beberapa anggota DPRA, dan sejumlah elemen sipil lainnya.

Survei Ombudsman Aceh, 4 Daerah Masih Berstatus Zona Merah Terkait Kepatuhan Pelayanan Publik

Dalam acara itu, Munandar juga menyebutkan salah faktor Aceh tidak terlepas dari status kemiskinan meskipun anggaran Aceh mencapai Rp 17,2 triliun untuk tahun 2020.

Menurutnya, beberapa provinsi yang APBD-nya kecil seperti Bali dan Kalimantan Selatan (Kalsel) bisa terlepas dari persoalan kemiskinan karena tumbuhnya industri di daerah tersebut.

Halaman
12
Penulis: Masrizal Bin Zairi
Editor: Hadi Al Sumaterani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved