Breaking News:

Pemekaran Kecamatan Seulimuem

Masyarakat Lamteuba Minta Pemkaran Kecamatan Seulimuem Jadi Kecamatan Seulawah Agam

Persyaratan untuk pemekaran Kecamatan Seulawah Agam sudah dipenuhi sejak 15 tahun lalu, namun sampai hari ini belum mendapat pengesahan dari pusat.

Penulis: Asnawi Luwi | Editor: Taufik Hidayat
Kiriman Sulaiman
Masyarakat Lamteuba, Kecamatan Seulimuem, Aceh Besar, berfoto usai membuka selubung plang nama untuk kecamatan baru di Desa Meurah Kemukiman Lamteuba, Aceh Besar, Senin (27/1/2020). 

Laporan Asnawi Luwi | Aceh Besar 

SERAMBINEWS.COM, JANTHO - Masyarakat Lamteuba, Kecamatan Seulimuem, Aceh Besar, meminta pemekaran kecamatan.

Merekapun tak sabar menunggu, dan akhirnya memasang plang nama Kecamatan Seulawah Agam di lokasi pusat pemerintahannya.

Kegiatan membuka selubung plang nama dilaksanakan di Desa Meurah Kemukiman Lamteuba, Aceh Besar.

Tokoh Masyarakat Lamteuba Drs Hamdani, kepada Serambi, Senin (27/1/2020) menyatakan semua persyaratan untuk pemekaran sudah dipenuhi lebih dari 15 tahun lalu, namun sampai hari ini belum mendapat pengesahan dari pusat.

Padahal semua dokumen yang dibutuhkan sudah dilakukan termasuk penyiapan lokasi pusat pemerintahan kecamatan seulawah Agam sudah diadakan sekaligus pembebasan lahan seluas 11 hektare.

Anggota DPRA dari Partai PKS, Tgk Irawan Abdullah, mengatakan, pihaknya memberikan dukungan penuh terhadap pembentukan Kecamatan Seulawah Agam mengingat rentang kendali kebutuhan administrasi masyarakat yang cukup dari kecamatan induk Seulimuem, "ujarnya.

Sementara itu, Imum Mukim Lamteuba, Bahrum Yunus, menyebutkan wilayah telah 15 tahun lalu diusulkan pemekaran terdapat 8 desa lmteubadrou, Pulo, Lampante Meurah, Lambada, Blang Tingkeum, Lam Apeng dan Ateuk.

Sedangkan Mukim Lampanah terdiri 5 desa, Ujong Kupula, Ujong Mesjid, Bernuet, Lampanah dan Lengah.

Selama ini dua kemukiman tersebut berurusan administrasi Gampong ke Seulimum yang jauhnya dua jam perjalanan khususnya dari desa Lengah yang jauhnya sekitar 44 kilometer.

Prof Dr Farid Wajdi yang juga Ketua ICMI Aceh, sejumlah anggota DPRA dan DPRK Aceh besar yang hadir pada acara terrsebut menyatakan dukungan penuh terhadap pemekaran kecamatan Seulawah Agam yang berpusat di Lamteuba.

Mereka akan memperjuangkan di tingkat Kabupaten, Provinsi dan Pusat di Jakarta.

Dengan pemekaran kecamatan kita akan segera mengubah image Lamteuba menjadi daerah yang berpotensi meningkatkan ekonomi rakyat serta mendorong percepatan  pembangunan Gampong, tambah Drs Abdurahman,didampingi Tgk H Irawan Abdullah, Yusran MAg dan Muchsinir SSos serta Imam Chik Lamteuba Tgk H Muslim AW dan Camat Kecamatan Seulimuem Drs Marjoni.(*)

Api Sampah Sebabkan Ilalang di Jalan Lambhuk Terbakar, Ini Imbauan Petugas Pemadam Kota Banda Aceh

Kebakaran Hotel 61 dan AW, Petugas Pemadam Kesulitan Memadamkan Api

Virus Corona Mewabah, Empat Mahasiswa Aceh Tinggalkan China

Kantor Penghubung Aceh di Jakarta Pulangkan Jenazah Warga Langsa yang Meninggal di Ibu Kota

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved