Muzakarah Ulama

Muzakarah Ulama se-Aceh Dipusatkan di Aceh Timur, Ini yang Dibahas

Hasil muzakarah ulama ini diharapkan dapat mewujudkan generasi Aceh yang Meuadab sesuai visi misi Pemerintah Aceh.

Muzakarah Ulama se-Aceh Dipusatkan di Aceh Timur, Ini yang Dibahas
Kiriman M Ishak
Muzakarah Ulama se-Aceh, yang berlangsung di Dayah Al-Maimanah, Gampong Keude Dua, Darul Ikhsan, Aceh Timur, Sabtu dan Minggu (25-26/1/2020). 

Laporan Seni Hendri | Aceh Timur

SERAMBINEWS.COM, IDI - Plt Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah MT, melalui Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh, Usamah El-Madny SAg, MM, secara resmi membuka Muzakarah Ulama se-Aceh, yang berlangsung di Dayah Al-Maimanah, Gampong Keude Dua, Darul Ikhsan, Aceh Timur, Sabtu dan Minggu (25-26/1/2020).

Sejumlah ulama kharismatik Aceh hadir dalam acara itu, yakni, Tgk H M Ali (Abu Paya Pasi), Tgk H M Ismi Lc MA (Abu Madinah), Tgk H M Daud Hasbi (Abu Daud), Tgk H M Djafar (Abi Daod), Tgk H Abdul Manan (Abu Blang Jruen), Tgk H Muhammad Amin (Ayah Min), Tgk H Fauzany (Abi Peulalu), Tgk H M Nur (Abu Keunire), Tgk H Abdul Wahab (Abu Keude Dua), Tgk H Abdullah Rasyid (Abu Lah Kruet Lintang) dan Tgk H Mustafa Puteh (Abu Paloh Gadeng).

Selain itu juga dihadiri Bupati Aceh Timur, H Hasballah bin HM Thaib SH, Bupati Aceh Barat, H Ramli MS dan sejumlah pejabat daerah lainnya seperti Sekda Aceh Timur HM Ikhsan Ahyat dan para asisten, staf ahli, pimpinan OPD, para camat dan perwakilan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Peserta muzakarah ulama dihadiri jamaah dari berbagai ormas dan lembaga seperti Ahlussunah Wal jamaah, Tastafi, Ikatan Santri Aceh Timur (ISAT) dan Forum Majelis Taklim Sirul Mubtadin.

Hadir juga pengurus dan anggota dari DPC Lembaga Anti Narkotika (LAN) Aceh Timur, DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Aceh Timur dan Front Pembela Islam (FPI) setempat.

Pimpinan Dayah Al-Maimanah Tgk H Abdul Wahab (Abu Keude Dua) mengatakan Muzakarah ini membahas persoalan harta warisan yang tidak punya wali, kepemilikan tanah, batas I’tibar gharim bagi yang berhak menerima zakat, hukum bunga bank yang tidak disebutkan dalam akad.

Selanjutnya, hukum bagi peserta MTQ perempuan yang dihadiri penonton laki-laki, cara merealisasi hasil muzakarah ulama terdahulu tentang ta’adud jumat, siapakah perawi hadist dan bagaimana pengertian sebenarnya.

Abu Keude Dua juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah berhadir dan mendukung serta berpartisipasi dalam acara Muzakarah Ulama ini.

Bupati Aceh Timur Tgk H Hasballah bin HM Thaib SH, menyambut baik kegiatan itu dan berterimakasih kepada seluruh alim ulama yang hadir ke daerahnya dalam rangka bermuzakarah.

Halaman
12
Penulis: Seni Hendri
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved