Breaking News:

Ketua DPRK Banda Aceh Sosialisasi Qanun Pengelolaan Sampah Kepada Masyarakat  

Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh melakukan sosialisasi Qanun Nomor 1 Tahun 2017 Tentang Pengelolaan Sampah

IST
Ketua DPRK Banda Aceh, Farid Nyak Umar menyampaikan sosialisasi qanun kepada masyarakat Kuta Alam. 

BANDA ACEH - Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh melakukan sosialisasi Qanun Nomor 1 Tahun 2017 Tentang Pengelolaan Sampah dan Qanun Nomor 5 Tahun 2017 Tentang Retribusi Pelayanan Persampahan atau Kersihan kepada warga Kuta Alam.

Ketua DPRK Banda Aceh, Farid Nyak Umar pada kesempatan itu mengatakan bahwa sosialisasi ini dilakukan agar masyarakat mengetahui keberadaan qanun tersebut.

Di samping itu, tambahnya,  sosialisasi itu juga salah satu tupoksi dewan yaitu fungsi legislasi, sehingga setelah memproduksi qanun bersama Pemko maka anggota DPRK sebagai wakil rakyat memiliki tanggung jawab untuk melakukan sosialisasi atas produk hukum yang telah dihasilkan tersebut.

Sosialisasi seperti ini mesti terus dilakukan untuk meningkatkan pemahaman kepada semua pihak dalam menjaga kebersihan dan keindahan Kota Banda Aceh. Setiap masyarakat Kota Banda Aceh, tambah Farid, harus mengetahui setiap produk qanun yang dihasilkan oleh Pemerintah, karena setiap qanun yang lahir itu akan berdampak kepada masyarakat.

“Di samping itu setiapkita wajib taat dan patuh terhadap qanun yang telah dilahirkan itu, meskipun di pelosok gampong,” kata Farid

Nyak Umar. “Alhamdulillah kegiatan ini mendapatkan respon yang sangat positif dari warga. Para peserta berharap agar kegiatan Sosialisasi qanun ini rutin dilakukan agar warga memiliki pemahaman yang sama,” tambah Farid Nyak Umar.

Sementara Kasie Teknologi Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan, dan Keindahan Kota Banda Aceh, Rosdiana, menyampaikan pengelolaan sampah bukan hanya tanggung jawab pemerintah tapi juga tanggung jawab semua pihak dalam menjaga kebersihan.

“Jika dikelola dengan baik, sampah juga membawa dampak eko no mis bagi masyarakat, di samping dapat mencegah dampak negatif yang ditimbulkan oleh sampah itu sendiri,” kata Rosdiana. (mas)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved