Breaking News:

Berita Lhokseumawe

Jangan Lewatkan, 9 Februari 2020 akan Terjadi Supermoon

"Sedangkan pada 9 Februari 2020 ini, sesuai dengan perhitungan yang kita lakukan,tidak akan terjadi gerhana bulan. Tapi hanya akan terjadi supermoon,"

Penulis: Saiful Bahri | Editor: Nurul Hayati
For Serambinews.com
Dosen Ilmu Falak Jurusan Jurusan Astronomi Islam Fakultas Syariah IAIN Lhokseumawe, Tgk Ismail Is. 

"Sedangkan pada 9 Februari 2020 ini, sesuai dengan perhitungan yang kita lakukan, tidak akan terjadi gerhana bulan. Tapi hanya akan terjadi supermoon," katanya.

Laporan Saiful Bahri I Lhokseumawe

SERAMBINEWS.COM, LHOKSEUMAWE - Sesuai pengajian ilmu falak, maka dipastikan pada Minggu (9/2/2020) hanya akan terjadi supermoon dan tidak akan terjadi gerhana bulan.

Dosen Ilmu Falak Jurusan Jurusan Astronomi Islam Fakultas Syariah  IAIN Lhokseumawe, Tgk Ismail Is Jumat (7/2/2020)  menjelaskan, sesuai hasil penelusuran dirinya, sekarang ini berkembang informasi kalau pada 9 Februari 2020 akan terjadi gerhana bulan bersamaan dengan supermoon.

Pada kesempatan ini, Tgk Ismail kembali menjelaskan, kalau gerhana bulan merupakan sebuah peristiwa dimana bulan memasuki dalam bayang kerucut bumi.

Hal ini terjadi akibat posisi matahari, bumi, dan bulan berada pada satu garis.

Gerhana bulan terjadi saat bulan berada pada saat bulan purnama (full moon).

Namun tidak setiap bulan purnama terjadi gerhana bulan.

Bayi Kembar Tiga Berjenis Kelamin Laki-laki Lahir di Abdya

Dikarenakan garis orbit bulan tidak sejajar dengan gari orbit bumi.

"Sedangkan pada 9 Februari 2020 ini, sesuai dengan perhitungan yang kita lakukan, tidak akan terjadi gerhana bulan. Tapi hanya akan terjadi supermoon," katanya.

Sementara Supermoon kata Tgk Ismail, merupakan sebuah istilah terhadap peristiwa bulan purnama yang bersamaan dengan posisi bulan terdekat dengan bumi.

Dikatakan posisi bulan terdekat dengan bumi, bila jarak bulan ke bumi lebih dekat dari jarak rata-rata bulan ke bumi yaitu 384 400 kilometer. 

"Untuk purnama Jumadil Akhir 1441 atau 9 Februari 2020 ini, layak disebut supermoon dikarenakan posisi bulan saat purnama memiliki jarak lebih dekat dari jarak rata-rata bulan ke bumi. Puncak purnama 9 Januari 2020 jni  tercadi pukul 14.33.07 Wib dengan jarak bulan ke bumi 362 478, 8 kilometer," paparnya.

Realisasi Pendapatan Asli Daerah Kota Langsa Capai Rp 120 Miliar, Berikut Rinciannya

Khusus untuk peristiwa gerhana, lanjut Tgk Ismail, sesuai pengkajian pihaknya,  pada tahun 2020 hanya terjadi enam kali gerhana bulan dan gerhana matahari. 

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved