Berita Langsa

Plt Gubernur Aceh Serahkan Penghargaan Kepada Kota Langsa, Ini Kata Wali Kota

Prestasi ini tidak terlepas atas kerja keras Inspektorat Kota Langsa, yang telah berupaya memenuhi seluruh persyaratan untuk mencapai kriteria

Plt Gubernur Aceh Serahkan Penghargaan Kepada Kota Langsa, Ini Kata Wali Kota
Humas Pemko Langsa
Ir Nova Iriansyah MT, didampingi Deputi Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah BPKP Aceh, Dadang Kurnia AK MBA CA, menyerahkan penghargaan Kapabilitas APIP dan Maturitas Penyelenggaraan SPIP, kepada Wali Kota Langsa, Tgk Usman Abdullah SE, di Gedung Serba Guna Setda Aceh, Jumat (14/02/2020). 

Prestasi ini tidak terlepas atas kerja keras Inspektorat Kota Langsa, yang telah berupaya memenuhi seluruh persyaratan untuk mencapai kriteria

Laporan Zubir   |  Langsa

SERAMBINEWS.COM, LANGSA - Pemerintah Kota (Pemko) Langsa kembali mendapat penghargaan Kapabilitas Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) Level 3 dan Maturitas Penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP), dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Penghargaan itu diserahkan oleh Plt Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah MT, didampingi Deputi Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah BPKP Aceh, Dadang Kurnia AK MBA CA, diterima langsung oleh Wali Kota Langsa, Tgk Usman Abdullah SE, Jumat (14/02/2020).

Proses penyerahan penghargaan Kapabilitas APIP dan Maturitas Penyelenggaraan SPIP, bersamaan dengan pelantikan Kepala BPKP Aceh, Dadang Kurnia AK MBA CA, di Gedung Serba Guna Setda Aceh di Kota Banda Aceh.

Wali Kota Langsa, Usman Abdullah SE, mengucapkan terima kasih kepada Inspektorat maupun seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan instansi terkait atas prestasi yang diraih ini.

Membangun Pulo Aceh, dari Mana Mulainya?

Tuntaskan MoU Helsinki, Jangan Kecewakan Aceh  

Debit Air Mata Ie Menurun, Suplai dari PDAM Tirta Mountala Terancam Terganggu

Prestasi ini tidak terlepas atas kerja keras Inspektorat Kota Langsa, yang telah berupaya memenuhi seluruh persyaratan untuk mencapai kriteria yang telah ditetapkan, sehingga Kota Langsa mampu pencapai level 3 pada penilaian APIP ini.

Ia juga mengharapkan ke depan Inspektorat Kota Langsa berhasil mencapai level 4 pada penilaian berikutnya dan yang pertama di Aceh, juga dapat menjadi pilot project bagi kabupaten/kota di Aceh.

Dalam kesempatan ini, Wali Kota juga mengharapkan kepada OPD di lingkungan Pemko Langsa lainnya agar memacu kinerjanya untuk meningkatkan prestasi-prestasi pada waktu mendatang.

"Saya berharap prestasi ini menjadi perangsang bagi dinas maupun badan lainnya yang belum mampu meningkatkan kinerja dan meraih restasi," harap Toke Seum (Wali Kota-red).

Inspektur Kota Langsa, Sahrial SE Ak, menjelaskan, penilaian kapabilitas APIP level 3 mencerminkan bahwa APIP Kota Langsa telah memiliki kompetensi untuk melakukan praktek profesional dalam kegiatan audit.

Dan juga telah mampu mengimplementasikan prinsip akuntabilitas dalam manajemen kerja di lingkungan inspektorat.

Sedangkan Maturitas SPIP ini, Pemko Langsa yang dinilai berada pada level 3 menggambarkan bahwa daerah ini telah mampu menerapkan sistem pengendalian secara internal.

Mulai dari tahap level kebijakan hingga pelaksanaan kebijakan di tataran implementasi oleh seluruh OPD, dengan diikuti oleh kegiatan evaluasi secara kontinue atas efektivitas penerapan kebijakan tersebut. (*)

Penulis: Zubir
Editor: Nur Nihayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved