Haba Senator

Abdullah Puteh Serahkan Surat Bupati Aceh Utara kepada Menteri PUPR Terkait Irigasi Krueng Pase

Irigasi Krueng Pase ini awalnya dibangun oleh kolonial Belanda pada tahun 1936. Irigasi ini dapat mengairi sawah seluas kurang lebih 13.000 Ha.

Abdullah Puteh Serahkan Surat Bupati Aceh Utara kepada Menteri PUPR Terkait Irigasi Krueng Pase
Hand-over dokumen pribadi
Senator Asal Aceh, Abdullah Puteh saat menyerahkan dokumen usulan pembangunan Irigasi Krueng Pase kepada Menteri PUPR di Gedung DPD, Selasa (18/2/2020) 

Laporan Fikar W Eda | Jakarta

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Wakil Ketua Komite II DPD RI yang juga Senator asal Aceh Dr Ir Abdullah Puteh MSi, menyerahkan dokumen usulan program rehabilitasi Irigasi Krueng Pase dan Tebing Krueng Pase, serta  surat permohonan dari Bupati Aceh Utara kepada Menteri PUPR terkait.

Dokumen diserahkan dalam rapat kerja Komite II dengan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di Gedung DPD Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (18/2/2020).

Senator Abdullah Puteh dalam kesempatan itu juga menyampaikan permohonan dari masyarakat dan Pemda Aceh Utara agar Menteri PUPR dapat melakukan kunjungan  ke lokasi proyek yang terletak di Kecamatan Merak Mulia, dan  Kecamatan Syamtalira. 

"Masyarakat sangat berharap agar bendungan dan irigasi Krueng Pase difungsikan kembali untuk meningkatkan produktivitas sawah di kawasan itu," ujar Pureh.

Irigasi Krueng Pase dibangun oleh pemerintahan kolonial Belanda pada tahun 1936. Irigasi ini  dapat  mengairi sawah seluas kurang lebih 13.000 Ha.

Irigasi tersebut akan memberi dampak langsung kepada peningkatan hasil pertanian masyarakat.

“Apabila irigasi tersebut berfungsi maka masyarakat tani akan dapat menanam padi lebih banyak sampai 3 kali setahun," ujar Puteh.

Menyahuti hal itu, Menteri PUPR menyampaikan  "grand design" akan diupayakan selesai secepatnya sehingga  bisa mulai dikerjakan sesegera mungkin, dan tender proyek pada awal tahun 2021.

Menteri PUPR juga menyambut hangat dan merencanakan akan melakukan peninjauan ke lapangan sesegera mungkin.(*)

Anak Warga Aceh Dibawa Kabur Pengasuh Berpotensi Berada di Malaka Malaysia, Ini Cerita Ibunya

Dua Siswi SMA Rekam Temannya Diperkosa dan Bagikan ke Grup WhatsApp, Polisi Telusuri Motifnya

Jokowi Minta Indonesia Bersiap Jadi Tuan Rumah Piala Dunia Basket FIBA 2023

Siswi SMP 10 Hari Disekap oleh Suami Istri di Rumah Kosong, Korban Dipaksa Hubungan Intim Bertiga

Penulis: Fikar W Eda
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved