Otomotif

Tips Merawat Mobil Mesin Diesel, Ini Fungsi Penting Filter Solar

Suparna, Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, menjelaskan, dari segi perawatan mobil bermesin diesel terbilang lebih praktis dibandingkan dengan mesin be

ANDREAS LUKAS ALTOBELI
Suzuki New Jimny dipamerkan saat acara Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2018 di ICE BSD, Tangerang, Banten, Kamis (02/08/2018). Pada pameran otomotif GIIAS kali ini mengusung tema Beyond Mobility yaitu mobil-mobil teknologi masa depan yang diklaim ramah lingkungan, Acara ini akan berlangsung hingga 12 Agustus 2018. 

SERAMBINEWSCOM - Mesin diesel dikenal bandel dan minim perawatan, meski begitu bukan berarti pemilik mobil bisa acuh dan tidak mengetahui cara merawat mobilnya.

Suparna, Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, menjelaskan, dari segi perawatan mobil bermesin diesel terbilang lebih praktis dibandingkan dengan mesin bensin.

“Mobil diesel tidak perlu ganti dan membersihkan busi, namun ada satu komponen yang harus diperhatikan yaitu filter solar,” ujarnya ketika dihubungi Kompas.com, Minggu (22/2/2020).

Meski tidak ada waktu pergantian secara periodik, sebaiknya filter solar selalu diganti bersamaan dengan ganti oli yaitu tiap 10.000 km.

Telat Dijemput Ibu Karena Macet, Fatima Diculik, Korban Ditemukan Tewas dalam Kantong Plastik

Google: Bisnis Tradisional Membantu Ekonomi Digital Indonesia Menjadi yang Terbesar di Asia Tenggara

ULP Tinjau Lokasi Sebelum Tender, Melihat Langsung Proyek Jalan Jantho-Lamno

Hal serupa juga dikatakan Fransisca FA, Ketua Innova Community Indonesia, menurutnya, Innova diesel merupakan mobil yang perawatannya mudah dan simple. Meski begitu pemilik mobil tetap harus memperhatikan beberapa hal.

Mesin diesel umumnya harus memperhatikan kondisi filter. Khususnya untuk yang terbiasa menggunakan bio solar.

“Filter solar harus rajin diganti, karena filter udara yang bersih merupakan hal yang terpenting bagi pengguna mobil diesel,” ujar Fransisca kepada Kompas.com.

Kualitas BBM yang jelek menjadi faktor utama kuras tangki harus rutin dilakukan, memang ada filter bahan bakar yang bertugas untuk menyaring kotoran yang ada, namun kotoran yang mengendap terlalu lama biasanya akan membentuk sesuatu yang tidak lolos saringan kasar.

“Tetap harus melakukan pengurasan tanki secara rutin, agar saliran suplai untuk bahan bakar lancar dan tidak tersumbat” ujar Fransisca.

Jika tidak dikuras secara rutin akan timbul risiko injektor tersumbat atau rusak karena jalur bahan bakar yang sudah kotor.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Punya Mobil Mesin Diesel Begini Cara Merawatnya

Editor: Ansari Hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved