Breaking News:

Serambi Award 2020

Kuncinya, Transparansi

Fungsi pengawasan oleh kepolisian dan kejaksaan juga sangat menentukan keberhasilan program. Dengan baiknya pengawasan diharapkan semua program bisa

for Serambinews.com
SALURKAN DANA DESA - BUPATI Nagan Raya, HM Jamin Idham menyalurkan dana desa tahun 2019 kepada 222 keuchik (kepala desa) di wilayahnya. Kabupaten Nagan Raya menjadi satusatunya daerah di Aceh yang berhasil menuntaskan 100 persen dana desa 2019 tahap I, II, dan III. 

KUNCINYA, TRANSPARANSI

Piagam Serambi Award Nagan Raya
Piagam Serambi Award Nagan Raya (for Serambinews.com)

DANA desa yang dikucurkan Pemerintah Pusat sejak 2005 telah dirasakan manfaatnya, tak terkecuali di Aceh. Namun, manfaat bisa berubah menjadi mudharat jika salah pengelolaan.

Di Kabupaten Nagan Raya, pengelolaan dana desa hingga 2020 sudah memasuki tahun keenam. Catatan sukses terus diraih oleh kabupaten yang menaungi 222 desa tersebut. Bahkan, pada 2019, Nagan Raya ditetapkan oleh Pemerintah Pusat masuk 20 Besar Daftar Pemda yang Memenuhi Kriteria Berkinerja Baik.

Sedangkan untuk tingkat Provinsi Aceh, dari 23 kabupaten/kota, Nagan Raya menjadi satu-satunya daerah yang tercepat merealisasikan dana desa tahun 2019. Bupati Nagan Raya, HM Jamin Idham SE mengatakan, dana desa bersumber dari pusat, namun untuk mendapatkannya harus sharing atau dialokasikan dana dari APBK hingga 20 persen.

Hindari Penyebaran Corona, Twitter Serukan 5.000 Karyawannya Bekerja di Rumah

Seperti halnya untuk tahun 2020, dana desa yang dialokasikan dalam APBK Nagan Raya mencapai Rp 63 miliar. Lalu, apa kiat sukses Pemkab Nagan Raya dalam mengelola dana desa? Menurut Bupati Jamin Idham, sukses program tersebut sangat ditentukan peran aktif semua kalangan mulai dari kepala daerah yang melahirkan Peraturan Bupati (Perbup), DPMG, camat, aparatur desa, tuha peut hingga pendamping desa.

Fungsi pengawasan oleh kepolisian dan kejaksaan juga sangat menentukan keberhasilan program. Dengan baiknya pengawasan diharapkan semua program bisa berjalan tanpa penyimpangan. Untuk tahun 2020, kata Bupati Nagan Raya, dana desa lebih diarahkan kepada pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Dewan Sidak RSUD AcehTamiang, Ini Hasil Temuannya

"Perkuat terus semangat transparansi. Susunlah semua program bersama Tuha Peut dengan mengakomodir aspirasi masyarakat". HM jamin Idham, SE - Bupati Nagan Raya (for Serambinews.com)

Sedangkan tahun-tahun sebelumnya lebih banyak untuk kegiatan fi sik. “Pemberdayaan ekonomi akan semakin berkembang dengan dibukanya Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) di semua desa,” kata Jamin. Bupati Nagan Raya mengimbau semua pihak agar terus mempertahankan prestasi yang telah diraih bahkan terus ditingkatkan. “Kuncinya, mari kita perkuat terus semangat transparansi.

Geledah Kantor BPKD dan DPUPR Subulussalam, Kajari: Penyidik Kesulitan Dapatkan Dokumen dari Telapor

Susunlah semua program bersama Tuha Peut dengan mengakomodir aspirasi masyarakat. Tempelkan APBG di tempat terbuka yang mudah terlihat. Ingat, dana desa selalu dalam pemantauan dan pengawasan masyarakat,” demikian Bupati HM Jamin Idham.

PERBUP NAGAN RAYA TAHUN 2020 TENTANG DANA DESA :

• Peraturan Bupati (Perbup) Nagan Raya Nomor 1/2020 tentang Tata Cara Pembagian dan Rincian Dana Gampong

Halaman
12
Editor: iklan@serambinews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved