Breaking News:

Serambi Award 2020

UIN Ar-Raniry Rangkul Ulama Kharismatik

Program Seumeubeut tersebut juga telah mendekatkan dayah dengan UIN dan sebaliknya serta memperkuat Ma’had Ali yang ada di UIN Ar-Raniry.

for Serambinews.com
PERESMIAN GEDUNG - Menteri Agama Republik Indonesia Jenderal TNI (Purn). Fachrul Razi, didampingi Plt Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah MT, Rektor UIN Ar-Raniry Prof Dr H Warul Walidin AK.MA dan sejumlah pimpinan UIN lainnya menuju ruang pertemuan di Auditorium Ali Hasjmy Darussalam Banda Aceh usai mendatangani prasasti persemian gedung baru lembaga pendidikan tersebut, November 2019 lalu. 

UIN Ar-Raniry Rangkul Ulama Kharismatik

Serambi Award 2020 UIN Ar-Raniry
Serambi Award 2020 UIN Ar-Raniry (for Serambinews.com)

BERBAGAI macam cara untuk merangkul para ulama untuk menyamakan visi dan misi dalam pengembangan pendidikan. Untuk itu Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry menggelar program “Seumeubeut Ulama Kharismatik” di kampus tersebut.

Program yang dilangsungkan sejak tahun 2018 tersebut telah membawa perubahan yang luar biasa dalam pengembangan pendidikan di UIN dan juga di dayah-dayah yang ada di Aceh.

Rektor UIN Ar-Raniry Prof Dr H Warul Walidin AK MA didampingi Kepala Biro Administrasi Umum Perencanaan dan Keuangan (AUPK) Drs H Ibnu Sa'dan MPd dan Warek III Dr Saifullah MA menjelaskan, program seumeubeut yang melibatkan sejumlah ulama kharismatik itu benar-benar telah membawa perubahan, baik itu dalam hubungan sosial maupun pengembangan pendidikan.

Program itu juga sebagai upaya menguatkan kembali jati diri UIN Ar-Raniry sebagai pusat tamaddun Islam di Aceh. Apalagi, pada masa lalu Aceh juga menjadi sentral peradaban dunia.

TP PKK Aceh, Inspirator Rumah Gizi

Program Seumeubeut tersebut juga telah mendekatkan dayah dengan UIN dan sebaliknya serta memperkuat Ma’had Ali yang ada di UIN Ar-Raniry.

“UIN juga punya Ma’had Ali untuk menggembleng mahasiswa baru yang pengasuhnya juga ada dari dayah-dayah yang ada di Aceh,” sebut Warul Walidin.

Selain itu, banyak dayah di Aceh yang telah membuka perguruan tinggi atau Ma’had Ali, seperti Dayah Abu Kuta Krueng, STAI Abu Mudi, Darul Arafah Panton Labu, STISNU Sibreh Aceh Besar, Dayah Amal Peureulak Aceh Timur, serta Ummul Ayman Pidie Jaya.

Prof Dr Warul Walidin rektor pada UIN Ar-Raniry Banda Aceh
Prof Dr Warul Walidin rektor pada UIN Ar-Raniry Banda Aceh (Serambinews.com)

Untuk tenaga pengajarnya, tambah Warul Walidin juga ada yang dibantu UIN Ar-Raniry dan dari perguruan tinggi (PT) lainnya.Dampak lain dari Program Seumeubeut Ulama Kharismatik itu antara lain banyak sekali para teungku dayah serta ulama yang melanjutkan studi S2 dan S3 di UIN Ar-Raniry.

Ini sebuah kebahagiaan bagi peningkatan mutu pendidikan di lembaga pendidikan tinggi atau Ma’had Ali. Dengan harapan upaya mendekatkan dayah dengan UIN dan sebaliknya bisa terus berjalan.

Hari ke-8 Karantina, Ini Agenda Afra Finalis Putri Indonesia Perwakilan Aceh

Halaman
123
Editor: iklan@serambinews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved