Lokasi Wisata Tangsar 27

Pemkab Aceh Timur: Tangsar 27 Masuk Wilayah Aceh Timur

Warga mengharapkan wisata air terjun Tangsar 27 ini dikelola secara bersama, karena penetapan tapal batas belum final.

Hand-over kiriman warga.
Warga Gampong Meulidi, Kecamatan Simpang Jernih, Aceh Timur, menyatakan bahwa lokasi wisata air terjun Tangsar 27 yang dikelola Aceh Tamiang saat ini, merupakan wilayah Meulidi, Aceh Timur, Minggu (15/3/2020). 

Laporan Seni Hendri | Aceh Timur

SERAMBINEWS.COM, IDI - Lokasi wisata Tangsar 27, yang saat ini dikelola oleh masyarakat Gampong Bengkelang, Kecamatan Bandar Pusaka, Aceh Tamiang, termasuk dalam wilayah Aceh Timur, yang terletak di Gampong Meulidi, Kecamatan Simpang Jernih, Aceh Timur.

“Kita sudah turun cek koordinat. Hasilnya, masuk dalam wilayah peta Aceh Timur, Tangsar 27 terletak di ujung Dusun Sempege, Desa Meulidi, Aceh Timur. Batasnya jempatan, Tangsar 27 di bagian hulu, dan hilirnya masuk Desa Bengkelang Aceh Tamiang, dan dalam bahasa Gayo, Bengkelang artinya adalah batas,” jelas Kepala Dinas Pertanahan Aceh Timur, MB Bandi Harvirdaus SH, Serambinews.com, Minggu (15/3/2020).

Bandi mengharapkan wisata air terjun Tangsar 27 ini dikelola secara bersama, karena penetapan tapal batas belum final.

Sedangkan masyarakat Gampong Bengkelang, Aceh Tamiang, yang mengelola wisata itu saat ini berdasarkan izin pengelolaan kawasan hutan yang dikeluarkan Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Aceh melalui KPH Wilayah III.

Agar wisata ini bisa juga dikelola secara bersama, Bandi juga mengharapkan masyarakat Meulidi, melalui kelompok masyarakat membentuk badan hukum dan memohon kepada KHP III agar dapat mengelola wisata itu.

Penyelesaian sengketa tapal batas ini, jelas Bandi, harus mempelajari kembali history pendiriannya, dan berdasarkan fakta hukum.

Karena itu, ungkapnya, Pemkab Aceh Timur, melalui Bidang Pemerintahan Setdakab Aceh Timur, akan memohon kepada Pemerintah Aceh untuk memediasi untuk menyelesaikan tapal batas ini.

Sebelumnya diberitakan, warga Gampong Meulidi, Kecamatan Simpang Jernih, Aceh Timur, mendatangi lokasi wisata air terjun Tangsar 27 yang saat ini dikelola Aceh Tamiang.

Warga terdiri dari kaum ibu, bapak-bapak, dan kaum muda-mudi dari Gampong Meulidi, datang ke lokasi itu menggunakan tiga Hard Top, dan sepeda motor sambil membawa spanduk bertulisan pernyataan bahwa Tangsar 27 milik Meulidi, Aceh Timur.

Halaman
12
Penulis: Seni Hendri
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved