Breaking News:

Rupiah Babak Belur, Ini yang Dilakukan Bank Indonesia

Rupiah terkapar dengan dollar. Akibat virus corona atau coronavirus (covid-19) membuat rupiah benar-benar babak belur

Editor: Muhammad Hadi
TRIBUN JABAR / GANI KURNIAWAN
Rupiah dan dollar AS 

SERAMBINEWS.COM - Rupiah terkapar dengan dollar.  Akibat virus corona atau coronavirus (covid-19) membuat rupiah benar-benar babak belur.

Kurs Jakarta Interbank Spot Dolar Rate (JISDOR), alias kurs referensi yang digunakan sebagai dasar transaksi perdagangan yang dilakukan dengan valutas asing  di level Rp 16.608 per dollar AS.

Boleh jadi dengan alasan itu juga, Bank Indonesia (BI) mempercepat ketentuan penggunaan rekening rupiah dalam negeri  alias vostro bagi investor asing. 

Penggunaan rekening rupiah wajib sebagai underlying transaksi (transaksi valuta asing terhadap rupiah kepada bank) dalam transaksi Domestic Non Deliverable Forward (DNDF) mulai Senin (23/3/2020) hari ini. 

Seorang Pria Lhokseumawe Ditangkap Saat Sedang Tidur, Ini yang Diamankan Polisi

Ketentuan ini merupakan tindak lanjut  keputusan Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI 18-19 Maret 2002 lalu.

Yakni  dengan melakukan penyempurnaan Peraturan Bank Indonesia Nomor 22/2/PBI/2020 tentang Transaksi DNDF (PBI DNDF) yang berlaku sejak Kamis (19/3) lalu.

Penyempurnaan yang dilakukan BI meliputi perluasan jenis underlying transaksi DNDF.

Penyerpurnaan aturan ini menjadi bagian upaya BI untuk memperkuat bauran kebijakan untuk mitigasi penyebaran corona alias Covid 19.

Wisatawan Dilarang Masuk Sabang, Pelayaran ke Sabang Jadi Empat Trip Sehari

Upaya ini juga dilakukan demi menjaga stabilitas pasar uang dan sistem keuangan serta mendorong pertumbuhan ekonomi. 

Dengan kewajiban penggunaan rekening rupiah, seperti tabungan, giro, deposito, untuk tujuan investasi dalam menampung hasil investasi dan atau untuk tujuan lain serta tujuan lainnya.

Penyempurnaan aturan tersebut bertujuan memberikan alternatif dalam mendorong lebih banyak lindung nilai atas kepemilikan rupiah di Indonesia dengan memberikan fleksibilitas bagi investor asing.(*)

Gempa Bumi Kuat Guncang Zagreb Ibukota Kroasia, Musibah Terbesar di Tengah Serangan Corona

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul Rupiah terkapar, BI wajibkan penggunaan rekening rupiah bagi investor asing

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved