Update Corona di Langsa

14 Warga Langsa Berstatus ODP, Tidak Ada PDP

Hingga Sabtu (28/03/2020), terdapat 14 warga Kota Langsa yang berstatus Orang Dalam Pantauan (ODP), dan 116 Orang Tanpa Gejala (OTG)

FOR SERAMBINEWS.COM
Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Langsa, Yanis Prianto 

Laporan Zubir | Langsa

SERAMBINEWS.COM, LANGSA - Hingga Sabtu (28/03/2020), terdapat 14 warga Kota Langsa yang berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP), dan 116 Orang Tanpa Gejala (OTG).

Hal ini disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Langsa, Yanis Prianto, kepada Serambinews.com, sore ini.

Menurutnya, jumlah ODP 14 orang saat ini, berarti ada penambahan 1 orang, setelah pada Jumat (27/03/2020) tercatat di Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Langsa terdapat ODP 13 orang.

Namun pada Kamis (26/03/2020) lalu, dua warga Langsa yang sebelumnya berstatus ODP telah dinyatakan sehat atau aman dari suspect Covid-19, usai mejalani masa pemantauan selama 14 hari.

Haji Uma Cek Suhu Tubuh dan Disemprot Disinfektan Saat Silaturahmi ke Polres Aceh Utara

Sedangkan untuk status Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Kota Langsa masih nihil, begitu juga nihil untuk warga yang Covid-19 Lab Negatif maupun Covid-19 Lab Positif.

Disampaikan Yanis yang juga menjabat Kadiskominfo ini, data ini diimput Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Langsa berdasarkan Sumber Dinkes, Puskesmas, dan RSUD Langsa.

Dijelaskannya, OTG (Orang Tanpa Gejala) adalah orang yang tidak bergejala dan memiliki resiko tertular dari orang positif Covid-19.

Sedangkan ODP (Orang Dalam Pemantauan) adalah orang yg mengalami demam (>=38°C) atau riwayat demam, atau gejala gangguan sistem pernafasan.

Seperti pilek/sakit tenggorokan/batuk, dan pada 14 hari terakhir sebelum timbul gejala memiliki riwayat perjalanan atau tinggal di negara/wilayah yang melaporkan transmisi lokal, dan atau sebelum timbul gejala memiliki riwayat kontak dgn kasus konfirmasi atau probabel Covid-19.

ACT-MRI Aceh Bagikan Makanan Siap Saji untuk Pekerja Harian Hingga Pekerja Medis

Sementara PDP (Pasien Dalam Pengawasan) adalah orang yang dengan infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) yaitu demam (>=38°C) atau riwayat demam disertai salah satu gejala/tanda penyakit pernafasan.

Dan pada 14 hari terakhir sebelum timbul gejala memiliki riwayat perjalanan atau tinggal di negara/wilayah yang melaporkan transmisi lokal, dan atau sebelum timbul gejala memiliki riwayat kontak dgn kasus konfirmasi atau probabel Covid19.

Orang dengan ISPA berat/pneumonia berat yang membutuhkan perawatan di Rumah Sakit, dan tidak ada penyebab lain berdasarkan gambaran klinis yang meyakinkan. (*)

Pelajar Matangkuli Aceh Utara Bagi Sembako kepada Warga Miskin yang Kena Dampak Corona

Penulis: Zubir
Editor: Hadi Al Sumaterani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved