Berita Aceh Utara

Keuchik di Aceh Utara Diingatkan Lagi Segera Cairkan Dana Desa Tahap I

Dari 852 desa dalam 27 kecamatan di Aceh Utara, ternyata hingga kini masih banyak yang belum mencairkan dana desa tahap pertama sebesar 40 persen

Foto Dok Pribadi
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPM PP dan KB) Aceh Utara, Fakhrurradhi MH. 

Laporan Jafaruddin I Aceh Utara

SERAMBINEWS.COM,LHOKSUKON – Dari 852 desa dalam 27 kecamatan di Aceh Utara, ternyata hingga kini masih banyak yang belum mencairkan dana desa tahap pertama sebesar 40 persen, disebabkan belum mengajukan persyaratan.

Salah satu persyaratannya mengajukan Anggaran Pendapatan Belanja Gampong (APBG).

Berdasarkan data yang diperoleh Serambinews.com dari secara keseluruhan realiasi pencairan dana desa tahap satu, baru 40 persen.

Dari 27 kecamatan, terbanyak desa yang sudah mengajukan dan sudah lengkap APBGampong ada Kecamatan Tanah Jambo Aye.

Pemerintah Aceh Siapkan Tanah untuk Kuburan Massal Jenazah Covid-19

Kecamatan tersebut dari 47 desa, 44 desa diantaranya sudah sudah mengajukan APBG ke Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD).

Kemudian, lima kecamatan yang masih rendah pencairannya yaitu Muara Batu, Samudera, Nisam, Geureudong Pase dan Syamtalira Aron.

Bahkan untuk Kecamatan Lapang dan Paya Bakong, belum ada satu desapun yang  mencairkan tahap pertama, karena belum lengkap APBG dan belum diajukan. 

Dari 852 desa, yang sudah lengkap berkas pencairan tahap pertama baru 350 desa.

Artinya, masih ada 502 yang belum mencairkan dana desa tahap pertama, karena belum lengkap atau belum mengajukan.

Dikhawatirkan bila juga tidak dicairkan sampai batas waktu terakhir, desa tersebut tak bisa menerima dana desa 100 persen.

Muspika Kota Juang Tertibkan Warung Kopi dan Cafe

“Bila sampai akhir Juni 2020, dokumen persyaratan pencairan tahap satu tidak diajukan ke KPPN Regional Kabupaten Aceh Utara, 100 persen dana itu tidak dapat dicairkan lagi oleh desa tersebut," ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPM PP dan KB) Aceh Utara, Fakhrurradhi MH.

Bahkan,  Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (SiLPA) juga tidak akan dicairkan lagi tahun berikutnya.

“Kami harapkan kepada keuchik yang belum mengajukan permohonan penyaluran dana gampong tahap I,  untuk  segera mengajukan,” pungkas Fakhrurradhi.(*)

Janda Taruh Bayi Dalam Tong Sampah di Banda Aceh, Ternyata Hasil Hubungan Gelap, Ini Kronologinya

Penulis: Jafaruddin
Editor: Hadi Al Sumaterani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved