Berita Aceh Tengah

Bupati Shabela Pastikan Pelayanan Administrasi Kependudukan Tetap Berjalan

Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar, memastikan pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil di daerah itu, tetap berjalan meskipun...

SERAMBINEWS.COM/MAHYADI
Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar didampingi Kadisdukcapil, Mustafa Kamal, Rabu (1/4/2020) melihat proses pelayanan administrasi kependudukan secara online. 

Bupati Shabela Pastikan Pelayanan Administrasi Kependudukan Tetap Berjalan

 

Laporan Mahyadi | Aceh Tengah

SERAMBINEWS.COM, TAKENGON – Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar, memastikan pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil di daerah itu, tetap berjalan meskipun di tengah situasi darurat penyebaran pandemi virus corona. Saat ini, pelayanan administrasi kependudukan dilakukan secara online.

“Kita ingin memastikan pelayanan adminstrasi kependudukan tetap berjalan, meskipun beberapa waktu yang lalu Dinas Kependudukan ini telah memberlakukan pembatasan pelayanan administrasi secara tatap muka,’ kata Shabela Abubakar ketika melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke Disdukcapil Aceh Tengah, Rabu (1/4/2020).

Dia menyebutkan, selain memastikan pelayanan tetap berjalan, juga memberikan motivasi dan menyampaikan terima kasih pada seluruh pegawai dinas tersebut, yang selama ini tetap memberikan pelayanan di tengah-tengah pemberlakuan social distancing.

“Pelayanan administrasi kependudukan ini penting. Apalagi bagi saudara-saudara kita yang membutuhkan seperti untuk keperluan BPJS dan rawatan di rumah sakit atau keperluan mendesak lainnya,” tambahnya.

Bupati Aceh Tengah ini, berjanji akan mendukung peningkatan sarana dan prasarana kantor Disdukcapil setempat, seperti peningkatan daya tampung dan kenyamanan ruang tunggu, maupun peningkatan suasana lingkungan kerja lainnya.

Sementara itu, Kadisdukcapil Aceh Tengah, Mustafa Kamal, menambahkan, sejauh ini tidak ditemukan adanya kendala dalam memberikan pelayanan administrasi kependudukan meskipun pelayanan secara tatap muka telah dibatasi sejak tanggal 24 Maret 2020 yang lalu.

Bahkan menurutnya, pola pelayanan secara online seperti ini dapat terus dijalankan karena sangat efektif dan efesien. Khususnya bagi masyarakat yang berasal dari daerah yang jauh dari ibukota kabupaten.

“Jadi, pelayanan tatap muka kita lakukan hanya untuk keperluan pengambilan dokumen serta perekaman biometrik KTP Elektronik yang diperuntukan bagi kondisi darurat saja. Sementara itu, permohonan penerbitan dokumen adminstrasi kependudukan lainnya dilakukan secara daring/online melalui aplikasi DUKCAPIL KITA yang dapat diunduh pada Google Play Store,” jelas Mustafa Kamal.(*)

Ini Jumlah Warga yang Pulang dari Perantauan ke Aceh Utara Selama 15 Hari Terakhir, Dampak Corona

Kejari Aceh Selatan Gelar Sidang Perdana Sistem Online melalui Video Conference

Sekretaris Komisi IV DPRK Aceh Besar Bagikan Masker di Gampong Lampanah, Ini Penjelasannya

Penulis: Mahyadi
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved