Update Corona di Aceh Utara

Ternyata Ini Hasil Pemeriksaan Swab Almarhum EY, PDP Corona asal Aceh Utara dari Balitbangkes RI

“Hasil pemeriksaan swap pasien PDP asal Aceh Utara, EY, ternyata negative,” tegas Andree.

For serambinews.com
Juru Bicara Tim Pembentuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Aceh Utara, Andree Prayuda MAP 

“Hasil pemeriksaan swap pasien PDP asal Aceh Utara, EY, ternyata negatif,” tegas Andree.

Laporan Jafaruddin I Aceh Utara

SERAMBINEWS.COM, LHOKSUKON – Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) RI Aceh Utara pada Rabu (1/4/2020), mengeluarkan hasil pemeriksaan swap almarhum EY (43) asal Aceh Utara. 

Hasil lab yang diterima dari Balitbangkes RI diteruskan ke Tim Provinsi Aceh dan kemudian diteruskan ke Tim Gugus Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Aceh Utara pada Rabu (1/4/2020) sekira pukul 12.30 WIB. 

Informasi tersebut disampaikan dua juru bicara Tim Gugus Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Aceh Utara, Andree Prayuda MAP, yang juga Kabag Humas Pemkab Aceh Utara dan Zulfitri MKes yang juga Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan Aceh Utara. 

Sebelumnya Direktur Direktur RSUDZA Banda Aceh, Azharuddin SPOT juga menyebutkan hasil swap terhadap EY akan keluar pada 1 April 2020.

“Teka-teki terhadap status PDP almarhum EY, warga Gampong Pulo Bang Trieng Kecamatan Syamtalira Bayu Kabupaten Aceh Utara, akhirnya terjawab,” ujar Andree Prayuda kepada Serambinews.com, Rabu (1/4/2020).  

Disebutkan, hasil pemeriksaan swap yang dikeluarkan oleh Balitbangkes Jakarta menunjukkan almarhum tidak terpapar virus corona Covid-19, alias negatif.

Direktur RSUZA Tegaskan Hasil Swab Pasien EY Asal Aceh Utara Belum Keluar, Ini Penjelasannya

“Hasil pemeriksaan swap pasien PDP asal Aceh Utara, EY, ternyata negatif,” tegas Andree.

“Hasilnya negatif, ini sesuai dengan keyakinan Bapak Bupati Aceh Utara H Muhammad Thaib yang pernah diberitakan sebelumnya, yang bersangkutan meninggal dunia bukan karena terpapar virus corona, tapi karena sakit infeksi empedu,” kata Andree.

Menindaklanjuti hasil tersebut, lanjut Andree, pihaknya telah menyampaikan kepada Muspika Syamtalira Bayu dan seluruh Tim Gugus Tugas bahwa status isolasi terhadap Gampong Pulo Blang telah dicabut.

“Alhamdulillah, hasil ini sesuai  dengan harapan bapak bupati, juga harapan kita semua, khususnya warga masyarakat Pulo Blang Kecamatan Syamtalira Bayu yang sempat diisolasi. Alhamdulillah, hari ini status isolasi telah dicabut,” kata Andree.

Pasien dalam pengawasan (PDP) Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang meninggal di RSU dr Zainoel Abidin Banda Aceh sesampai di rumahnya di Kecamatan Syamtalira Bayu, Aceh Utara dimandikan oleh warga pada Kamis (26/3/2020) sebelum dikebumikan.

Karena itu, Dinas Kesehatan Aceh Utara sudah melakukan penyemprotan desinfektan di rumah tetangga korban tersebut. (*) 

Dua Jubir Covid-19 Aceh Utara Sebut Jenazah PDP yang Dimandikan Warga belum Ada Hasil Lab

Penulis: Jafaruddin
Editor: Nurul Hayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved