Breaking News:

Cegah Covid 19 di Bireuen

Ratusan Rumah di Bireuen Disemprot Disinfektan dan Dipasang Tempat Cuci Tangan

Penyemprotan tidak hanya di mesjid, meunasah atau tempat umum lainnya ratusan rumah warga juga disemprot disinfektan

Penulis: Yusmandin Idris | Editor: Nur Nihayati
Dok Desa Dayah Panjoe
Masjid di Dayah Panjoe, Kutablang dilakukan penyemprotan oleh tim gugus tugas pencegahan virus corona bersama perangkat desa setempat. 

Penyemprotan tidak hanya di mesjid, meunasah atau tempat umum lainnya ratusan rumah warga juga disemprot disinfektan

Laporan Yusmandin Idris I Bireuen

SERAMBINEWS.COM- Ratusan rumah di Desa Dayah Panjoe, Kutablang Bireuen disemprot disinfektan.

Kemudian juga dipasang tempat cuci tangan di meunasah, kios dan tempat tertentu lainnya, Senin (06/04/2020).

Begitu juga di Desa Blang Geulanggang, Peusangan Bireuen melakukan hal serupa bersama unsur terkait.

Keuchik Dayah Panjoe, Kutablang, Mulyadi (51) kepada Serambinews.com mengatakan, penyemprotan dilakukan bersama unsur kecamatan, anggota Pos Polisi Kutablang, Pos Ramil serta jajaran Puskesmas dibantu warga setempat.

Penyemprotan tidak hanya di mesjid, meunasah atau tempat umum lainnya ratusan rumah warga juga disemprot disinfektan sebagai langkah pencegahan penyebaran virus corona.

Bantu Stok Darah di RSUD-YA Tapaktuan, Yonif Raider Khusus 115/ML Gelar Donor Darah

Menag Imbau Tak Ada Bukber, SOTR & Iktikaf, Tarawih & Salat Id di Rumah, Halalbihalal Via Video Call

Angin Kencang Terjang Aceh Besar, Jembatan Siron Putus, Pohon Tumbang Timpa Atap

Selain penyemprotan kata Mulyadi, tim juga memasang belasan tempat cuci tangan seperti di halaman mesjid, meunasah termasuk di beberapa kios warga untuk memudahkan warga mencuci tangan yang bersih sebagaimana anjuran pemerintah.

Keuchik menambahkan, selain itu perangkat desa juga memantau warga yang baru pulang dari luar daerah dan hingga Senin (06/04/2020) seorang warga yang baru pulang dari luar daerah menjalani karantina di rumahnya.

“Seorang warga kami yang baru pulang dari luar daerah sedang menjalani karantina dengan pengawasan petugas kesehatan,” ujarnya.

Camat Kutablang, Mukhsin S Ag kepada Serambinews.com mengatakan, tim terpadu dari kecamatan dibantu dari Puskesmas terus bergerak ke seluruh desa melakukan sosialisasi dan penyemprotan disinfektan.

Sementara, perangkat desa Blang Geulanggang, Peusangan Bireuen bersama tim dari Puskesmas Cot Ijue, Danramil Peusangan serta Polsek Peusangan juga turun ke desa Blang Geulanggang melakukan penyemprotan disinfektan.

Keuchik Blang Geulanggang, Fakruddin kepada Serambinews.com mengatakan, penyemprotan dilakukan di meunasah maupun 160 unit rumah warga di desa itu.

“Seluruh rumah warga disemprot disinfiktan dan diingatkan untuk menjaga kebersihan serta laporkan
bila ada warga yang baru pulang dari luar daerah,” ujarnya.

Disebutkan, sebanyak 160 unit rumah tersebar di dua dusun yaitu Dusun Petua Amat dan Dusun Tgk di Cot, tim gabungan serta relawan melakukan penyemprotan manual dengan mendatangi satu persatu rumah warga.

Selain itu, tim juga menyediakan tempat cuci tangan di meunasah lokasi strategis dibiayai dengan dana desa “Masyarakat juga diminta untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat,” ujar Fakruddin.

Keuchik juga menginformasikan ada satu warganya yang baru pulang dari Jakarta dimasukkan dalam Orang Dalam Pemantauan (ODP) sedang menjalani karantina, hingga Senin (06/04/2020) kondisinya sehat dan tidak mengalami sakit. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved