Breaking News:

Hilal Ramadhan

Cegah Penyebaran Virus Corona, Kemenag Aceh akan Siarkan Langsung Pemantauan Hilal Ramadhan 1441 H

Rukyatul Hilal tahun ini tetap akan dilakukan, namun tidak terbuka untuk umum. Hal ini sesuai dengan protokol keselamatan.

Penulis: Mawaddatul Husna | Editor: Nur Nihayati
SERAMBINEWS.COM/MASRIZAL BIN ZAIRI
Kabag Tata Usaha Kanwil Kemenag Aceh, Saifuddin. 

Rukyatul Hilal tahun ini tetap akan dilakukan, namun tidak terbuka untuk umum. Hal ini sesuai dengan protokol keselamatan.

Laporan Mawaddatul Husna | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1441 H/2020 M, tim Falakiyah Kanwil Kemenag Aceh akan melakukan pengamatan atau Rukyatul Hilal awal Ramadan, di Gedung Pusat Observatorium Teungku Chiek Kuta Karang Lhoknga, Aceh Besar, Kamis (23/4/2020) yang juga bertepatan dengan 29 Sya'ban 1441 H.

Pemantauan tersebut dapat disaksikan secara langsung oleh masyarakat melalui akun facebook Kemenag Aceh. Hal itu dilakukan guna mencegah penyebaran Covid-19 atau virus corona.

Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Aceh, Saifuddin SE, Rabu (8/4/2020) mengatakan Rukyatul Hilal tahun ini tetap akan dilakukan, namun tidak terbuka untuk umum. Hal ini sesuai dengan protokol keselamatan.

73 Jamaah Tabligh Akbar Positif Covid-19, Pasien Diisolasi ke RS Wisma Atlet

Jatah Urea Bersubsidi di Agara Dipangkas, Ini Penjelasan Kadistan

Viral, Kenal Lewat Aplikasi Kencan, Pas Ketemuan, Wanitanya Kena Tipu, Harus Bayar Tagihan Makan

"Hanya tim falakiyah, operator dan saksi yang hadir di lokasi rukyat dengan mempertimbangkan standar Covid-19. Sementara bagi masyarakat yang ingin menyaksikan jalannya Rukyatul Hilal dapat menyaksikan siaran langsung yang akan disiarkan di akun facebook Kemenag Aceh," kata Saifuddin.

Ia mengatakan proses pengamatan akan dimulai sejak pukul 17.45 WIB, kurang lebih 1 jam sebelum Magrib dan tanpa hadir ke lokasi juga masyarakat bisa menyaksikannya secara live melalui akun facebook tersebut.

"Nantinya laporan pemantauan kita akan kita kirim ke Kemenag RI sebagai bahan pertimbangan sidang istbat yang juga dilakukan secara daring," tambahnya.

Selain itu, dikatakan, dalam menyambut bulan suci Ramadhan, Kanwil Kemenag Aceh sudah menyiapkan jadwal imsakiyah Ramadhan 1441 H/2020 M untuk seluruh wilayah Aceh.

"Kita berharap dengan adanya pedoman imsakiyah ini dapat memudahkan masyarakat dan bisa mempersiapkan diri dalam menyambut dan menjalankan ibadah puasa," ujar Saifuddin didampingi Kabid Urais, Drs H Hamdan MA, selaku Koordinator Rukyatul Hilal Kemenag Aceh.

Pihaknya juga sudah mengirimkan imsakiyah tersebut ke seluruh Kemenag kabupaten/kota. Masyarakat juga bisa mengunduh langsung melalui website resmi Kemenag Aceh https://aceh.kemenag.go.id/artikel/42928/imsakiyah-ramadhan-1441-h-2020-m

Sementara Ahli Falakiyah Kemenag Aceh, Alfirdaus Putra SHI MH mengatakan, berdasarkan konsep Imkanurrukyah (kemungkinan tinggi hilal yang dapat dirukyah), awal Ramadhan diperkirakan jatuh pada Jumat (24/4/2020).

Hal itu berdasarkan data ijtima' (posisi bulan dan matahari pada satu garis lurus 0 derjat) yang diperkirakan terjadi pada Kamis (23/4/2020) pukul 09.26 WIB.

Ia menjelaskan ketinggian hilal untuk markas Observatorium Tgk Chiek Kuta Karang, Lhoknga, Aceh Besar pada hari ijtima' 3,6425 derjat di atas ufuq. Namun, penentuan tanggal 1 Ramadhan 1441 H tetap menunggu pengumuman Menteri Agama setelah sidang itsbat yang dilaksanakan secara daring bakda Magrib 23 April mendatang.

Meski secara perhitungan, Ramadhan 1441 H diperkirakan jatuh pada Jumat (24/4/2020) dan juga sudah ada Ormas yang telah menetapkan awal Ramadan 1441 H pada hari tersebut.

Namun Kemenag Aceh mengimbau masyarakat untuk tetap menunggu keputusan Menteri Agama yang akan ditetapkan dalam sidang itsbat penetapan 1 Ramadhan 1441 H pada Kamis (23/4/2020) di Jakarta. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved