Breaking News:

Ramadhan 1441 H

Bulan Ramadhan Bukan Hanya Sekedar Berpuasa, Simak Penjelasannya

Pada bulan Ramadhan, umat muslim tidak hanya dituntut untuk menahan lapar, tapi banyak aktivitas lain yang bisa dikerjakan.

Editor: Taufik Hidayat
SERAMBINEWS.COM/ SYAMSUL AZMAN
Ilustrasi Ramadhan 1441 H SERAMBINEWS.COM/ SYAMSUL AZMAN 

SERAMBINEWS.COM - Puasa pada bulan suci Ramadhan hanya tinggal beberapa hari lagi, Ibadah yang dikerjakan setiap setahun sekali ini menjadi keberkahan tersendiri bagi orang beriman. 

Namun, sebenarnya pada bulan Ramadhan, orang beriman tidak hanya dituntut untuk menahan lapar sejak matahari terbit sampai terbenam. 

Banyak aktivitas lain yang bisa dikerjakan, selain mengisi waktu dengan berdiam diri di rumah. 

Kali ini, kita akan membahas mengenai Ramadhan bukan hanya sekedar puasa menurut Prof Dr Syekh Abdul Halim Mahmud (1910-1978 M), Grand Syekh al-Azhar yang ke-46 yang dikutip dari islam.nu.or.id. 

Grand Syekh al-Azhar yang ke-46. Syekh Abdul Halim Mahmud memandang Ramadhan bukan sekadar bulan puasa, tapi juga bulan dzikir dan doa. 

Beliau menempatkan dzikir (mengingat Allah) sebagai salah satu hikmah diwajibkannya puasa Ramadhan (laqad dzakara Allah SWT min hikmah fardlih). 

Dasar argumentasinya adalah firman Allah:

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kalian agar kalian bertakwa.” (QS al-Baqarah [2]: 183)

Dalam ayat di atas, terdapat kalimat “agar kalian bertakwa”, artinya takwa menjadi salah satu alasan diwajibkannya puasa. 

Takwa sendiri sangat terkait dengan, “imtitsâl awâmirillah wa ijtinâb nawâhîhi—menjalankan segala perintah Allah dan menjauhi laranganNya” 

Karena itu, untuk bertakwa, seseorang harus berlatih keras untuk selalu mengingat Allah (dzikir), sehingga dapat merasakan karunia dan pengawasanNya. 

Ketika kita hendak melakukan keburukan, kita merasakan pengawasanNya, dan ketika kita hendak melakukan kebaikan, kita tak lupa bersyukur kepadaNya.

Dalam pandangan Syekh Abdul Halim Mahmud, dzikir berperan penting dalam menjaga ketakwaan seseorang. Beliau membagi pendekatan anjuran dzikir dalam dua kelompok.

Allah menganjurkan dzikir dalam bentuk amar (perintah) 

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved