Breaking News:

Airlangga Hartarto: Korban PHK & Pekerja Dirumahkan akan Masuk Program Kartu Prakerja Bertahap

Nantinya mereka yang terkena PHK dan dirumahkan di masa pandemi Covid-19 akan dimasukan secara bertahap.

Kolase Foto Surya/Tribunnews
Ilustrasi Kartu Pra Kerja yang akan dibuka pendaftaran mulai Kamis (9/4/2020). 

SERAMBINEWS.COM - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengungkapkan para pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) dan dirumahkan akan diprioritaskan dalam program Kartu Prakerja.

Kendati demikian Airlangga menuturkan para pekerja tersebut tidak akan dimasukkan secara sekaligus.

Nantinya mereka yang terkena PHK dan dirumahkan di masa pandemi Covid-19 akan dimasukan secara bertahap.

Pernyataan ini disampaikan Airlangga saat memberikan keterangan pers setelah rapat terbatas (Ratas) dengan topik "Mitigasi Dampak Covid-19 terhadap Sektor Ketenagakerjaan" pada Kamis (30/4/2020).

"Mereka yang terkena PHK dan dirumahkan ini akan dimasukkan ke dalam program Kartu Prakerja secara bertahap dan bergelombang dalam 4-5 minggu ke depan," kata Airlangga yang dikutip dari Kompas.com.

()

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (TRIBUNNEWS/YANUAR RIEZQI)

Sementara itu, dikutip dari Setkab.go.id, Airlangga mengungkapkan terdapat 1,7 tenaga kerja yang terdampak akibat pandemi Covid-19 ini.

Hingga saat ini kata Airlangga total jumlah tenaga kerja yang dirumahkan sebanyak 1,4 juta dan sekira 375 ribu pekerja terkena PHK selama pandemi Covid-19 di Indonesia.

Jumlah tersebut masih ditambah dengan 314.833 orang pekerja sektor informal yang juga terdampak akibat penyebaran virus tersebut.

"Data ini adalah data yang telah dipusatkan oleh Kementerian Tenaga Kerja, diverifikasi dan ini berbasis kepada selain daripada Kementerian Tenaga Kerja juga terkait dengan BPJS Ketenagakerjaan,” jelasnya.

Halaman
1234
Editor: Amirullah
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved