Breaking News:

Berita Abdya

Pasar Sangkalan Susoh Abdya Sudah Empat Tahun tak Difungsikan, Begini Kondisinya Sekarang

Selain Pasar Sangkalan, juga ada beberapa pasar lain di Abdya yang belum difungsikan dan harus segera dicari solusi sehingga bisa bermanfaat.

Serambinews.com
Bangunan Pasar Rakyat Sangkalan di lokasi perbatasan Desa Padang Panjang dengan Desa Lampoh Drien, Susoh, Abdya, terjadi kerusakan di banyak titik, setelah dibangun sejak empat tahun lalu tidak pernah difungsikan hingga sekarang. Foto direkam, Selasa (12/5/2020). 

Laporan Zainun Yusuf | Aceh Barat Daya

SERAMBINEWS.COM, BLANGPIDIE – Pasar Rakyat Sangkalan berlokasi di perbatasan Desa Padang Panjang dengan Desa Lampoh Drien, Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya)

Pasar ini dibangun tahun 2016 menyerap anggaran sekitar Rp 2,8 miliar sumber DAK (dana alokasi khusus). Selesai dibangun, tidak pernah digunakan hingga Mei 2020 ini. 

Janji pejabat berwenang di kabupaten dan kecamatan bahwa bahwa Pasar Sangkalan segera difungsikan ternyata tidak ada realisasinya. 

Dibiarkan terlantar selama empat tahun terakhir mengakibatkan pasar yang dibangun di atas lahan  80x90 meter itu, mulai terjadi kerusakan di sejumlah tempat.

Amatan Serambinews.com di lokasi, Selasa (12/5/2020), atap bagian depan bangunan mulai terbuka akibat diterpa angin kencang.  

Lapisan keramik pada permukaan meja atau bangku pasar ikan dan sayur sudah pecah dan copot pada banyak titik. Plafon juga tampak bolong dan copot di beberapa tempat. Malah, dari sembilan pintu kios, 2 di antaranya dalam kondisi terbuka, dan sepertinya dijadikan sebagai gudang.

Belum lagi peralatan nelayan dari bahan papan berada di atas bangku pasar dan area perkarangan sehingga membuat Pasar Sangkalan semakin kumuh dan kotor.

Terlebih lagi, pasar yang barada di lokasi simpang pertigaan itu menjadi ‘rumah singgah’ ternak kambing, kemudian meninggalkan kotoran.

Area kompleks pasar yang lumayan luas juga sering dijadikan tempat menjemur ikan basah  atau dijadikan tempat menjemur padi ketika musim panen tiba.

Halaman
12
Penulis: Zainun Yusuf
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved