Ramadhan 1441 H

Empat Persiapan Agar Meraih Lailatul Qadar di Bulan Ramadhan

Untuk mendapatkan lailatul qadar, alangkah lebih baiknya jika mengetahui keutamaan dan kemudian mempersiapkan diri untuk meraih malam yang mulia ini.

SERAMBINEWS.COM/M ANSHAR
Malam lailatul qadar disepakati ulama akan terjadi pada 10 akhir Ramadhan. Foto ini sat masyarakat melaksanakan ibadah shalat tarawih di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh. 

SERAMBINEWS.COM – Mulai memasuki pertengahan bulan Ramadhan, umat Islam banyak yang berlomba-lomba untuk mendapatkan malam lailatul qadar.

Terlebih lagi di 10 hari terakhir bulan Ramadhan.

Sesudah diwajibkannya ibadah puasa, dan agar umar Islam dapat merealisasikan nilai taqwa, Allah SWT melengkapi nikmat-Nya dengan memberikan malam lailatul qadar.

Arti dari Lailatul Qadar telah dijelaskan melalui kalam Allah, Surah ke-97. Lalu Apa itu Lailatul Qadar?

Allah berfirman: “Sesungguhnya Kami telah menurunkan Al-Qur’an pada “Lailat al Qadr”. Tahukah kalian apakah “Lailat al qadr” ?. Itulah malam yang lebih utama dari pada seribu bulan“ (QS. Qadr : 1 – 3).

Meraih Lailatul Qadar, Berikut Tanda-tanda, Doa dan Amalan yang Dianjurkan Rasulullah SAW

Lailatul Qadar terjadi pada malam-malam ganjil s10 hari terakhir bulan Ramadhan.

Sebagaimana  bunyi hadis yang diriwayatkan oleh Aisyah dari sabda Rasulullah SAW:

“Carilah lailat al qadr pada malam-malam ganjil di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan” (HR. Bukhari Muslim dan Baihaqi).

Berikut penjelasan Ustaz Muhammad Yasir Yusuf MA, saat dikonfirmasi Serambinews.com, pada 20 April lalu, beliau memberikan Modul Fiqih puasa kepada Serambinews.com.

Dalam bukunya, Ustaz Yasir mengatakan, karena langka dan pentingnya lailat al qadr, maka selayaknya setiap muslim berupaya selalu mendapatkan lailat al qadr pada sepanjang 10 hari terakhir bulan Ramadhan.

Amalan 10 Hari Terakhir di Bulan Ramadhan pada Malam Lailatul Qadar, Baca Doa Berikut

Halaman
1234
Penulis: Firdha Ustin
Editor: Safriadi Syahbuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved