Luar Negeri

Ketakutan Terhadap Virus Corona Meluas, Arab Saudi Siapkan Tim Khusus

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Arab Saudi terus mengerahkan semua upaya untuk memerangi virus Corona.

AFP/STR
Jamaah melaksanakan shalat tarawih dengan menjaga jarak sosial di Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi pada 8 Mei 2020. 

SERAMBINEWS.COM, RIYADH - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Arab Saudi terus mengerahkan semua upaya untuk memerangi virus Corona.

Dukungan psikologis bagi mereka yang terkena dampak adalah aspek yang diakui dalam perang melawan virus mematikan itu.

Nawaf Al-Harthi, penyelia umum Kompleks Kesehatan Mental Irada, menjelaskan staf medis terus memberikan dukungan psikologis untuk pasien COVID-19 dan keluarga mereka.

Dia mengatakan memiliki tim yang terdiri dari pekerja sosial, psikolog dan psikiater, di antara layanan yang tersedia untuk pasien atau mereka yang dikarantina secara hati-hati.

Al-Harthi mengatakan pekerja sosial harus mengenali pasien, menentukan masalah, kesulitan, situasi sosial serta mengetahui kondisi kesehatan mereka jika menderita penyakit kronis.

Jika ada orang, yang memiliki atau tidak memiliki gangguan mental, menderita gejala psikologis, ia akan dirujuk ke psikolog.

“Kami memiliki tim medis, sosial, dan psikososial lengkap yang siap mengobati semua pasien yang dikarantina,” katanya, seperti dilansir ArabNews,Sabtu (16/5/2020),

psikolog mendiagnosis kasus untuk melihat apakah perlu dukungan psikologis, yang akan dilakukan baik melalui sesi, relaksasi atau mengubah pola pikir melalui program prilaku.

Jika psikolog melihat pasien tidak merespons dan memerlukan intervensi medis, kata Dr. Al-Harthi, ia akan menghubungi psikiater.

Psikiater duduk bersama pasien dan mendiagnosis masalah psikologis yang dideritanya dan dampaknya.

Halaman
123
Editor: M Nur Pakar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved