Berita Bireuen

1.146  Warga Jeunieb Mulai Terima BST, Ini Besaran Dananya

Saat mengambil dana bantuan itu, setiap warga harus membawa KTP asli, fotocopy KK dan surat undangan dari Kementerian Sosial sebagai penerima BST.

DOK TKSK
Jeunieb Bireuen sedang mencairkan dana Bantuan Sosial Tunai (BST) di kantor Pos Jeunieb. 

Laporan Yusmandin Idris | Bireuen

SERAMBINEWS.COM - Sebanyak 1.146 keluarga penerima manfaat (KPM) dari 43 gampong di Jeunieb, Bireuen mulai menerima Bantuan Sosial Tunai (BST) dari pemerintah dalam rangka kompensasi pandemi Covid-19, melalui kantor Pos, Minggu dan Senin  (17-18/05/2020).

Besaran dana bantuan tunai diberikan masing-masing penerima sebesar Rp 600 ribu/bulan, selama tiga bulan, ujar Safrida selaku Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Jeunieb kepada Serambinews.com, Senin (18/05/2020).

Dijelaskan jumlah KPM  yang menerima bantuan tersebut bisa berkurang karena saat diserahkan undangan dari Kementerian Sosial langsung diverifikasi oleh TKSK, penerima diperiksa kembali apakah benar.

Kemudian, layak atau tidak kepada keuchik atau sekdesnya. "Hal tersebut di lakukan guna memastikan jika warga  tersebut  memang benar layak menerima dan bukan PNS,  bukan perangkat desa, bukan  pensiunan, atau bukan penerima bantuan pemerintah lainnya," jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan untuk hari pertama ada 454 penerima dari 22 gampong dan dilanjut Senin (18/05/2020) untuk penerima dari  21 gampong lainnya.

"Satu gampong penerima berkisar paling banyak 38 orang,  ada yang 26 orang dan ada juga  19 orang. Paling sedikit lima sampai delapan orang," sebutnya.

Saat mengambil dana bantuan itu, setiap warga harus membawa KTP asli, fotocopy kartu keluarga dan surat undangan dari Kementerian Sosial sebagai penerima. Untuk orang sakit diantar TKSK setelah selesai penyaluran di kantor Pos.

Jika KPM tidak berada ditempat atau meninggal dunia, dapat diserahkan kepada anggota keluarga dalam satu KK sesuai urutan derajat di KK (istri lalu anak).

Jika KPM meninggal dunia hanya satu dalam kartu keluarga, maka BST tidak dapat diberikan dikembalikan ke Kemensos RI.

"Untuk penerima yang tidak bisa datang ke kantor Pos karena sakit, dana bantuan kami TKSK yang antar, setelah selesai penyaluran tahap pertama, namun ada juga tadi diantar keluarganya," sebut Ida.

Di kantor Pos Jeunieb juga melayani masyarakat dari Kecamatan Peulimbang dan Pandrah, yang ditangani oleh masing-masing petugas TKSK dari kecamatan tersebut, ujarnya. 

Kegiatan penyaluran BST juga berlangsung di kantor pos Gandapura, Peusangan, Bireuen, Peudada dan Samalanga.(*)

Terima Kasih Owi Jadi Trending di Twitter, Ini Segudang Prestasi Tontowi Ahmad

Perawat Rumah Sakit Royal Surabaya Meninggal dalam Kondisi Hamil, Berstatus PDP Corona

Daging Sapi Dicampur Daging Babi Dijual di Pasar, Pedagang Ditangkap, Terungkap Motif Pelaku

Wakil Bupati Abdya Terharu dan Menangis saat Lihat Kehidupan Zulaikha, Janda Miskin di Pante Pirak

Penulis: Yusmandin Idris
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved