Shalat Id 1441 H

Anda Shalat Idul Fitri 1441 H di Masjid Raya Baiturrahman? Ikuti Ketentuan Ini

"Ada 130 personel gabungan yang terlibat dalam pengamanan termasuk Kowad dan Polwan untuk jamaah perempuan."

DOK MRB/For Serambinews.com
Panitia Pelaksana Shalat Idul Fitri 1441 H/2020 M melaksanakan briefing final, Jumat (22/5/2020) diikuti antara lain Imam Besar Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh Prof Dr Tgk H Azman Ismail MA, Kepala UPTD Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh Drs H Ridwan Johan, Kadis Syariat Islam Aceh Dr EMK Alidar, Kasatpol PP/WH Aceh Jalaluddin SH MM dan sejumlah unsur lainnya termasuk dari TNI/Polri. 

"Ada 130 personel gabungan yang terlibat dalam pengamanan termasuk Kowad dan Polwan untuk jamaah perempuan."

Laporan Nasir Nurdin | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh siap melaksanakan shalat Idul Fitri 1441 H yang jatuh pada hari Minggu, 24 Mei 2020. Panitia menetapkan sejumlah ketentuan yang harus diikuti oleh jamaah terkait pandemi Covid-19.

Kadis Syariat Islam Aceh, Dr EMK Alidar SAg MHum kepada Serambinews.com mengatakan, rapat final pelaksanaan shalat Idul Firri 1441 H di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh dilaksanakan secara terpadu oleh semua unsur terkait, termasuk TNI/Polri, Jumat (22/5/2020).

Akan bertindak sebagai khatib pada pelaksanaan shalat Idul Fitri tingkat Provinsi Aceh tahun ini Prof Dr Tgk H Al Yasa' Abu Bakar sedangkan imam, Tgk H Munawir Darwis Lc.

Salah satu titik penempatan wastafel dilengkapi sabun cuci tangan untuk jamaah shalat Idul Fitri 1441 H di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh.
Salah satu titik penempatan wastafel dilengkapi sabun cuci tangan untuk jamaah shalat Idul Fitri 1441 H di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh. (DOK MRB/For Serambinews.com)

“Terkait dengan pandemi Covid-19, pihak pelaksana telah menetapkan sejumlah ketentuan yang harus diikuti oleh jamaah shalat Idul Fitri 1441 H di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh,” kata Kadis Syariat Islam Aceh.

Ratusan Masjid di Aceh Siap Gelar Shalat Id 1441 H, Ini Daftar Khatib dan Imam

Polisi Kerahkan Kekuatan Penuh Cegah Takbir Keliling di Jakarta

Punya Kekayaan Rp 72 Triliun, Bos Twitter Jack Dorsey Ingin Sumbangkan Seluruh Hartanya

Alidar menjelaskan, untuk pengamanan pelaksanaan shalat Idul Fitri 1441 H di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh di tengah wabah Covid-19 dilibatkan 130 personel gabungan termasuk Kowad dan Polwan untuk jamaah perempuan.

Pada tujuh pintu masuk masjid dijaga oleh TNI/Polri dan Satpol PP/WH, termasuk untuk memastikan setiap jamaah memakai masker. Jamaah diimbau sudah memakai masker sejak berangkat dari rumah.

Wastafel disediakan di semua pintu masuk masjid lengkap dengan sabun cuci tangan. Perlengkapan serupa juga ada di tempat wudhuk.

Aparat Jaga Ketat Perbatasan Aceh, Ratusan Kendaraan Dipaksa Balik ke Sumut, Lihat Videonya

Selain itu, di pintu masuk akan diperiksa suhu badan oleh Satpol PP. Sedangkan jarak shaf diatur antara 50-60 cm.

 “Kami mengimbau jamaah mematuhi protokol kesehatan dan arahan petugas di lapangan,” tegas Kadis Syariat Islam Aceh.

Menurut Alidar, pelaksanaan shalat Idul Fitri 1441 H berjamaah, baik di masjid maupun lapangan, sesuai dengan Tausiah MPU Aceh Nomor 5 Tahun 2020 terkait ibadah di bulan Ramadhan.

Tausiah tersebut di antaranya memuat soal pelaksanaan shalat Idul Fitri boleh dilaksanakan secara berjamaah namun tausiah itu juga tidak melarang warga yang ingin beribadah shalat di rumah.

Tausiah MPU Aceh Nomor 5 Tahun 2020 menetapkan 13 poin hasil rapat pimpinan yang mengatur tata cara pelaksanaan ibadah bulan Ramadhan dan kegiatan keagamaan lainnya tahun 1441 H.

“Di antaranya meminta setiap komponen masyarakat untuk bertaubat dan meningkatkan ibadah dengan sungguh-sungguh, baik di masjid, meunasah, maupun di rumah-rumah dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dan arahan pemerintah,” kata Alidar. (*)

Penulis: Nasir Nurdin
Editor: Nasir Nurdin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved