Berita Bireuen

Persediaan Darah di UTD RSUD Bireuen Minim, Ini Stok Darah yang Ada

Mengantisipasi minimnya darah, petugas UTD juga meminta keluarga pasien yang membutuhkan darah untuk melakukan donornya.

Serambinews.com
Petugas UTD RSUD melayani warga donor darah, Kamis (04/06/2020) di alun-alun Bireuen. 

Laporan Yusmandin Idris | Bireuen

SERAMBINEWS.COM - Persediaan darah di Unit Tranfusi Darah (UTD) RSUD Bireuen sangat minim, perlu partisipasi semua pihak agar tersedia darah memadai untuk kebutuhan pasien yang membutuhkan di berbagai rumah sakit di Bireuen.

Persediaan yang ada, kata Kepala UTD RSUD Bireuen, Wardati SKM kepada Serambinews.com, Kamis (04/06/2020) saat gelar donor darah di alun-alun Bireuen, persediaan golongan AB hanya dua kantong, golongan A dan B masing-masing  enam kantong dan golongan O sebanyak sepuluh kantong.

“Persediaan sangat minim sekali, kebutuhan perhari mencapai 25-40 kantong dan tergantung pasien yang berobat dan yang membutuhkan darah,” ujarnya.

Hampir setiap hari banyak keluarga pasien mendatangi UTD untuk meminta bantuan tambahan darah untuk pasien yang sedang berobat dan perlu darah, pasien menjalani perawatan berbagai keluhan sakit memerlukan darah mulai dari melahirkan, cuci darah, thalasemia dan sakit lainnya memerlukan tranfusi darah.

Dalam aksi donor darah di alun-alun Bireuen, Kamis (04/06/2020) kemarin memperoleh sebanyak 20 kantong darah dan mereka akan melakukan kegiatan donor darah lagi pada 15 Juni di alun-alun Bireuen.

Mengantisipasi minimnya darah, petugas UTD selain melakukan aksi donor darah juga meminta keluarga pasien yang membutuhkan darah untuk melakukan donor darah. UTD mengajak semua pihak dan elemen masyarakat untuk berpartisipasi melakukan donor darah, baik datang langsung ke UTD maupun melakukan donor darah saat tim UTD turun ke lapangan.

Jadwal yang sudah ada kata Wardati pada 15 Juni donor darah di alun-alun dan pada 18 Juni di halaman masjid besar Peusangan Bireuen.(*)

Nek Munayah Hilang Saat Mandi di Sungai Rantau, Aceh Tamiang, Tinggalkan Sandal dan Sarung di Tepi

Kasus Perampokan Kim Kardashian 2016 Disidangkan di Paris Besok

Pamit ke Luar Rumah untuk Buang Air Besar, Jasad Buruh Ditemukan Terapung di Irigasi Pidie

Bertambah Satu Lagi, Kini Ada 4 Pemain Belanda Ingin Perkuat Timnas Indonesia

20.000 Ton Minyak Diesel Tumpah, Presiden Rusia Umumkan Status Darurat Nasional

Viral Seorang Wanita Mengalami Alergi yang Mengerikan setelah Konsumsi Obat Anti Nyeri

Penulis: Yusmandin Idris
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved