Breaking News:

Berulah Lagi, Kini China Duduki Kepulauan Senkaku, Jepang Protes Keras

Kapal penjaga pantai Tiongkok telah beroperasi selama 65 hari berturut-turut di dalam atau di dekat perairan Senkakus

Tribunnews
Setelah Negara ASEAN, India dan Taiwan, Kini China Berulah Lagi Untuk Duduki Kepulauan Senkaku yang Bikin Jepang Marah Besar: Kami Akan Merespons dengan Tegas! 

SERAMBINEWS.COM - Sengketa wilayah antara China dengan sejumlah negara masih terus berlangsung.

Kini, China berhadapan dengan negara tetangganya Jepang terkait sengketa wilayah Kepulauan Senkaku/Diaoyu.

Melansir South China Morning Post, pemerintah Jepang telah mengajukan protes keras secara diplomatik kepada Beijing setelah empat kapal pemerintah China dipantau tengah berada di perairan dekat Kepulauan Senkaku / Diaoyu yang disengketakan pada hari Rabu.

Kapal penjaga pantai Tiongkok telah beroperasi selama 65 hari berturut-turut di dalam atau di dekat perairan teritorial di sekitar pulau-pulau tak berpenghuni yang diklaim Jepang sebagai wilayah kedaulatannya dan dikenal sebagai Senkakus.

China dan Taiwan juga mengklaim pulau-pulau itu.

Ini adalah periode terpanjang sejak September 2012, ketika Beijing dan Tokyo berselisih soal kedaulatan setelah pemerintah Jepang membeli beberapa pulau dari keluarga Jepang yang memilikinya.

Hubungan China dan Taiwan Sedang Panas, Ini Perbandingan Kekuatan Militer Keduanya

5 Manfaat Baik Sedekah dalam Kehidupan, Dapat Melancarkan Rezeki

Presiden Jokowi Sebut Perekonomoian Indonesia Akibat Pandemi Covid-19 Lebih Baik dari Eropa

Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Yoshihide Suga menolak berkomentar tentang apa yang mungkin dilakukan kapal-kapal Tiongkok di perairan sekitar kepulauan itu.

“Kepulauan Senkaku berada di bawah kendali kami dan tidak diragukan lagi wilayah kami, secara historis dan di bawah hukum internasional. Kami percaya sangat serius untuk melanjutkan kegiatan ini,” katanya dalam konferensi pers.

"Kami akan merespons dengan tegas dan tenang ke pihak Tiongkok."

Komentar Suga datang lima minggu setelah kapal penjaga pantai Jepang melakukan intervensi untuk menghentikan sekelompok kapal penjaga pantai China mengejar kapal penangkap ikan Jepang yang beroperasi di perairan teritorial di sekitar Uotsuri, salah satu pulau di kepulauan tersebut.

Halaman
12
Editor: Amirullah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved