Suara Parlemen

HRD Ingatkan Menteri PUPR Sejumlah Aspirasi Strategis Masyarakat Aceh

Dalam kesempatan itu, HRD menyoroti kembali pembangunan jalan menuju ke Makam Pahlawan Nasional, Cut Meutia di Aceh Utara dimana sebelumnya sudah dik

SERAMBINEWS/FOR SERAMBINEWS.COM
HRD dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (24/6/2020) 

Laporan Fikar W Eda I Jakarta

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Anggota Komisi V DPR RI asal Aceh H Ruslan M Daud (HRD) mendorong Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat beserta jajarannya menindaklanjuti sejumlah usulan infrastruktur strategis di Aceh.

Hal itu ia sampaikan dalam Rapat Kerja Komisi V dengan Kementerian PUPR Gedung Nusantara, Jakarta, Rabu (24/6/2020) dengan agenda membahas Pendahuluan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) dan Rencana Kerja Anggaran (RKA) Kementerian PUPR Tahun Anggaran 2021.

Dalam kesempatan itu, HRD menyoroti kembali pembangunan jalan menuju ke Makam Pahlawan Nasional, Cut Meutia di Aceh Utara dimana sebelumnya sudah dikunjungi oleh Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat pada bulan Februari 2020 lalu.

“Sangat menyesakkan hati kita ketika melihat kondisi jalan menuju ke Makam Cut Meutia yang rusak parah. Dimana letak penghargaan negara kepada beliau. Padahal jasa beliau dalam berjuang memerdekakan bangsa ini sangat luar biasa. Makanya Bapak Menteri, kita berkewajiban memastikan bahwa negara hadir sebagai wujud penghargaan negara. Tolong diprioritaskan pembangunannya di tahun 2021” tegas HRD sembari mengingatkan bahwa pembangunan jalan ke Makam Cut Mutia juga salah satu rekomendasi Komisi V saat melakukan kunjungan kerja ke Aceh Utara pada Desember 2019 silam.

Selain itu, HRD juga menyoroti tentang pembangunan Jembatan Enang-Enang di Bener Meriah, Jembatan Evakuasi Lhokseumawe, Jembatan Peureulak di Aceh Timur, duplikasi Jembatan Peudada dan pembangunan jalan dua jalur di Bireuen serta pelebaran jalan Kota Lhokseumawe-Aceh Utara guna mendukung Kawasan Ekonomi Khusus Arun.

Program Studi Manajemen Universitas Teuku Umar Yudisium Lulusan Perdana, Ini Jumlahnya      

XL Axiata Tetap Lanjutkan Proyek Fiberisasi Jaringan Meski Sedang Covid-19

Hanya 22 Persen Sampah di Aceh Tengah yang Bisa Terangkut Setiap Hari

“Khusus Jembatan Peudada, posisinya sangat sakral karena cuma satu-satunya penghubung antara Banda Aceh dan Medan di Pantai Timur Aceh. Jika jembatan ini roboh, bisa dipastikan ekonomi Aceh akan lumpuh dan lalu lintas akan macet total. Karena itu, harus kita antisipasi sedini mungkin mengingat kondisi jembatan sekarang sudah berusia lebih dari 25 tahun,” jelasnya.

Di Direktorat Jenderal Cipta Karya, HRD mengingatkan Menteri PUPR terkait dengan janji Presiden Joko Widodo untuk membangun stadion representatif di Bireuen.

Ia menyatakan bahwa saat menghadiri Kenduri Kebangsaan 22 Februari 2020 lalu, Presiden Jokowi menyampaikan akan mengakomodir usulan masyarakat Bireuen tersebut dan meminta Menteri Basuki untuk menindaklanjutinya, yang saat itu turut mendampingi Presiden.

Di samping itu, HRD juga menyampaikan tentang usulan rehabilitasi Masjid Agung di Kabupaten Bireuen yang merupakan masjid bersejarah karena menjadi tempat dimana Presiden Soekarno mengasingkan diri setelah agresi Belanda kedua di DIY.

Halaman
12
Penulis: Fikar W Eda
Editor: Ansari Hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved