Luar Negeri

Aktris Cantik Iran Ini Dipenjara, Gegara Unggah Video Polisi Moral Serang Wanita Tak Pakai Hijab

Alidoosti adalah bintang film dari The Salesman yang mendapatkan piala Oscar dalam kategori film bahasa asing terbaik pada 2017 silam.

Via Kompas.com
Taraneh Alidoosti 

SERAMBINEWS.COM, TEHERAN - Akibat mengunggah ulang video polisi moral menyerang wanita tak pakai hijab, aktris Iran, Taraneh Alidoosti, mendapat hukuman 5 bulan penjara.

Alidoosti adalah bintang film dari The Salesman yang mendapatkan piala Oscar dalam kategori film bahasa asing terbaik pada 2017 silam.

Media global sering menyebutnya sebagai Natalie Portaman dari Iran.

Dilansir Daily Mail (25/6/2020) Deputi Urusan Hukum dan Parlemen untuk penegakan hukum Iran (NAJA) memperkarakan Alidoosti karena mengunggah ulang video sebuah film kontroversial menunjukkan pertemuan antara seorang perwira polisi moralitas dan seorang wanita.

Dalam video tersebut memperlihatkan seorang polisi menyerang seorang perempuan tersebut karena tidak mengenakan hijab di jalanan Iran.

Aktris ini telah dipanggil pihak berwajib pada 21 Januari 2020, tetapi kemudian dibebaskan dengan jaminan.

Volant Media UK melaporkan, Alidoosti dipanggil ke kantor penuntutan media dan kebudayaan cabang kesembilan pada 21 Januari 2020 tersebut dengan dakwaan telah melakukan 'kegiatan propaganda melawan negara'.

Giso Faghfouri, seorang jurnalis seni dan budaya veteran, kemudian mengabarkan bahwa Alidoosti telah dijatuhi hukuman karena adanya pengajuan perkara dari NAJA tersebut.

"Setelah keluhan hukum dari Deputi Urusan Hukum dan Parlemen NAJA, Taraneh Alidoosti dijatuhi hukuman lima bulan penjara," ujar Faghfouri dalam Twitternya.

Namun, Alidoosti diperkirakan tidak akan dipenjara segera karena hukumannya telah ditunda hingga dua tahun.

Halaman
12
Editor: faisal
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved