Pilkada Serentak

Komite I DPD, KPU, Bawaslu Bahas Pilkada Serentak, Ini Kesimpulannya

Komite I DPD RI sepakat dengan KPU RI dan Bawaslu RI bahwa penyelenggaraan Pilkada serentak lanjutan harus benar-benar memperhatikan tingkat kerawanan

SERAMBINEWS/FOR SERAMBINEWS.COM
Ketua Komite I DPD RI A Teras Narang saat memimpin rapat kerja didampingi pimpinan Komite I lainnya. 

Laporan Fikar W Eda I Jakarta

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Komite I DPD RI menggelar rapat kerja dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), di Gedung DPD RI, Senayan, Jakarta, Senin (29/6/2020).

Rapat dipimpin Ketua Komite I, Agustin Teras Narang, dihadiri Wakil Ketua Fachrul Razi, Abdul Khalik, Dfajar Alkatiri, dan sejumlah anggota Komite I DPD RI.

Dari KPU RI hadir Ketua KPU Arief Budiman didampingi para komisioner KPU Hasyim Asy'ari, Viryan, PramonoThamtowi Ubaid, Ilham Saputra, dan I Dewa Kade Wiasa Rakasandi.

Sedangkan dari Bawaslu RI dihadiri Abhan (Ketua), Rahmat Bagja, Ratna Dewi Pettalolo, Fritz Edward Siregar, dan Moch Afifudin (Anggota).

Rapat Kerja menghasilkan tiga poin kesepakatan yang tertuang dalam kesimpulan bersama, sebagai berikut:

* Komite I DPD RI sepakat dengan KPU RI dan Bawaslu RI bahwa penyelenggaraan Pilkada serentak lanjutan harus benar-benar memperhatikan tingkat kerawanan daerah sebagai dampak dari Pandemi Covid19.

* Komite I DPD RI sepakat dengan KPU RI dan Bawaslu RI bahwa keberlanjutan pelaksanaan Pilkada serentak lanjutan harus benar-benar mempertimbangkan aspek keselamatan dan kesehatan masyarakat diatas kepentingan apapun.

Lima Cara Ampuh Hilangkan Rasa Pedas dan Panas di Tangan karena Cabai

Malam Pertama Berakhir Tragis, Wanita Ini Tewas Gara-gara Suami Cium Leher dengan Brutal

Viral Pernikahan Drive-Thru di Malaysia untuk Cegah Corona, Begini SOP Kehadiran Tamu

* Setelah mendengarkan penjelasan dan berdiskusi dengan KPU RI dan Bawaslu RI, Komite I tetap menyatakan sikap menolak atas pelaksanaan Pilkada serentak lanjutan yàng akan dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2020 dan mengusulkan Pilkada lanjutan dilaksanakan pada tahun 2021, dengan mempertimbangkan risiko pandemi Covid19 dan efisiensi anggaran serta demi tercapainya Pilkada yang Jurdil dan berkualitas.

Seperti diberitakan sebelumnya, Pemerintah DPR RI dan KPU RI telah bersepakat untuk melaksanakan Pilkada serentak pada tanggal 9 Desember 2020 dan KPU selaku penyelenggara akan segera menindaklanjuti tahapan-tahapan pelaksanaan Pilkada yang tertunda dan memulai kembali tahapan Pilkada pada bulan Juni 2020.

Pemerintah telah menerbitkan Perppu Nomor 2 Tahun 2020. Melalui Perppu tersebut, Pemerintah memutuskan menunda pelaksanaan Pilkada serentak ke bulan Desember 2020 dengan sejumlah cacatan. Dalam Pasal 201A ayat (3) Perppu Nomor 2 Tahun 2020 tersebut dinyatakan juga apabila pemungutan suara serentak tidak bisa dilaksanakan pada bulan Desember 2020, pemungutan suara serentak ditunda dan dijadwalkan kembali setelah bencana non-alam.

Komite I DPD RI memilih Pilkada serentak ditindak mengingat pandemic Covid-19 yang belum mereda.(*)

Penulis: Fikar W Eda
Editor: Ansari Hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved