Luar Negeri

Amerika Serikat Keluar dari WHO, Berlaku 6 Juli 2021, Donald Trump Tuding WHO Dikendalikan China

Presiden AS Donald Trump membawa negaranya keluar dari Badan Kesehatan Dunia ( WHO), di tengah pandemi Covid-19.

AFP/CHIP SOMODEVILLA / GETTY IMAGES NORTH AMERICA
Presiden AS, Donald Trump menggelar konferensi pers tentang perkembangan virus Corona sebelum terbang dari Gedung Putih, Washington, menuju Phoenix, Arixona, Selasa (5/5/2020). 

SERAMBINEWS.COM, WASHINGTON DC - Presiden AS Donald Trump membawa negaranya keluar dari Badan Kesehatan Dunia ( WHO), di tengah pandemi Covid-19.

Sang presiden sudah menekankan niatnya pada Mei lalu, dengan menuding organisasi di bawah PBB itu dikendalikan oleh China.

Meski sudah ditentang oleh sekutunya di Eropa dan organisasi lainnya, Trump menegaskan dia akan menarik dana dari WHO dan mengalihkannya ke tempat lain.

Gedung Putih disebut sudah memberi tahu PBB dan Kongres mengenai rencana itu, yang prosesnya membutuhkan waktu setidaknya satu tahun.

Kementerian Luar Negeri AS menyatakan, mereka sudah mengirimkan nota pemberitahuan kepada Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres.

Langkah itu dilakukan setelah sebelumnya, Washington membekukan kontribusia sebesar 400 juta dollar AS, sekitar Rp 5,7 triliun.

Juru bicara Guterres, Stephane Dujarric, mengonfirmasi adanya nota itu, dengan pengunduran diri AS efektif per 6 Juli 2021 mendatang.

Selain PBB, Kongres yang diwakili Senator Robert Menendez dari Komite Relasi Luar Negeri juga mengonfirmasi adanya pemberitahuan tersebut.

"Ini membuat AS semakin kesepian dan menderita kesakitan," keluh Menendez di Twitter, sebagaimana dilansir BBC Selasa (7/7/2020).

Kepada CBS News, seorang pejabat AS menerangkan bahwa mereka sudah meminta WHO mereformasi diri, namun organisasi itu menolak.

Halaman
123
Editor: faisal
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved