Breaking News:

Berita Banda Aceh

Pelaksanaan Umrah Belum Ada Izin, Haji Hanya Untuk Warga Setempat

pihaknya belum mendapatkan izin resmi dari Arab Saudi maupun pemerintah pusat terkait penyelenggaraan umrah

AFP/ABDEL GHANI BASHIR
Situasi di sekitar Kabah, di dalam Masjidil Haram, Arab Saudi, kosong dari para jemaah saat diberlakukan sterilisasi, Kamis (5/3/2020). Terkait merebaknya virus corona, Pemerintah Arab Saudi menutup sementara kegiatan umrah dan melakukan sterilisasi di sekitar Kabah termasuk lokasi untuk melakukan sai di antara Bukit Safa dan Marwah.(AFP/ABDEL GHANI BASHIR) 

Laporan Mawaddatul Husna | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kemenag Aceh, Samhudi mengatakan hingga saat ini pihaknya belum mendapatkan izin resmi dari Arab Saudi maupun pemerintah pusat terkait penyelenggaraan umrah.

“Belum ada sampai hari ini izinnya, belum ada sinyal apapun terkait pelaksanaan umrah kembali dari pusat, surat edaran apapun juga belum ada,” kata Samhudi ketika dikonfirmasi Serambinews.com terkait pelaksanaan umrah, Rabu (8/7/2020).

Ia menambahkan biasanya apabila mendekati musim haji seperti ini tidak dibuka umrah untuk umum.

Peluang umrah baru dibuka kembali setelah haji dan kondisi normal seperti sebelumnya yang tidak terjadi Covid-19.

Bolehkah Mengusap Wajah Setelah Membaca Qunut Saat Shalat Subuh? Berikut Penjelasan UAS

“Namun karena keadaan sedang pendemi seperti ini maka sampai hari ini tidak ada surat apapun (terkait umrah-red),” sebutnya.

Selain itu, Samhudi juga menyampaikan terkait pelaksanaan haji tahun ini, pemerintah Arab Saudi sudah menyatakan bahwa yang boleh berhaji tahun ini adalah warga negara setempat atau orang-orang yang memiliki kartu identitas menetap di Arab Saudi.

Hal tersebut karena Covid-19 yang terjadi hampir di seluruh dunia.

“Jadi dari negara Arab Saudi sendiri sudah membatasi seperti itu untuk jumlah yang sangat terbatas dan untuk orang yang memiliki KTP Arab Saudi, serta orang-orang yang sudah menetap disana,”  kata Samhudi. (*)

IKAT Adakan Pengajian Tauhid, Untuk Bentengi Aqidah Masyarakat Aceh Sesuai Dengan Aswaja

Penulis: Mawaddatul Husna
Editor: Hadi Al Sumaterani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved