Breaking News:

Kesehatan

Waspada, Anak Terlalu Lama Menatap Layar Gadget Bisa Sebabkan Ini

Sakit kepala pada anak ternyata bisa disebabkan oleh aktivitas menatap layar gadget yang terlalu lama seperti televisi, tablet, atau handphone.

ILUSTRASI - Anak-anak bermain hp di ujung jembatan Agusen, Kecamatan Blangkejeren, Gayo Lues, Minggu (6/5/2018). SERAMBI/ASNAWI KUMAR 

 Sakit kepala pada anak ternyata bisa disebabkan oleh aktivitas menatap layar gadget yang terlalu lama seperti televisi, tablet, atau handphone.

 SERAMBINEWS.COM - Sekarang ini salah satu permainan anak-anak adalah main game.

Apalagi di masa pandemi covid-19 waktu dihabiskan sebagian besar di rumah.

Tapi ingat kelamaan main game salah satunya bisa membuat sakit kepala.

Sakit kepala pada anak ternyata bisa disebabkan oleh aktivitas menatap layar gadget yang terlalu lama seperti televisi, tablet, atau handphone.

Ahli neurologi anak, dr. Lies Dewi Nurmalia, Sp(A)k menjelaskan kegiatan menatap layar gagdet itu lebih berat dibandingkan saat membaca sehingga mudah membuat mata lelah.

Apalagi kalau ditambah dengan posisi duduk menatap layar yang tidak tepat, dapat membuat otot mata tegang sehingga meimbulkan rasa sakit di bagian kepala.

"Sering kali sakit kepala juga karena terlalu banyak screen timenya, ketika terus di depan screen itu akomodasinya agak lebih berat dari membaca pasti melelahkan," ungkap dr. Lies saat live bersama IDAI, Selasa (7/7/2020).

Sebaiknya untuk anak-anak biasakan untuk sedikit mengistirahatkan mata setiap 15 menit saat menatap layar.

Terlebih di masa pandemi virus corona atau covid-19 saat ini, kegiatan menatap layar lebih banyak karena sistem belajar secara online.

"Setiap 15 menit kita melihat screen sebaiknya kita istirahatkan lima menit tidak melihat screen dulu, lihat pendangan yang lain, ingetin minum dulu," ucap dr. Lies.

Kalau sampai sakit kepala kemudian diikuti dengan reflek berkedip cepat pada anak orang tua harus segera diwaspadai.

Jauhkan anak dari kegiatan menatap layar gadget selama dua minggu dulu, kalau maya anak terus kedip-kedip sebaiknya periksa ke dokter karena ditakutkan mengalami ganguan neurologis tic atau gerakan berulang pada tubuh anak.

"Kalau sampai berkedip, stop dulu natap screenya selama 2 mingg, setelah istirahat gadget itu tali mata tetap berkedip berarti ada gangguan lain yang namanya TIC," pungkas dr. Lies.

Malang Benar Yaman, Dari Perang Berujung Kelaparan dan Anak-anak Kekurangan Gizi Akut

ASN Pemerintah Aceh Sudah Kumpulkan Darah 2.012 Kantong, Donor Masih Berlanjut

Ini Prioritas Utama Dinas Pendidikan Aceh bIla Diberlakukan Sistem Belajar Tatap Muka

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Anak Terlalu Lama Menatap Layar Gadget, Awas Sakit Kepala, Ini Trik Mengatasinya, 

Editor: Nur Nihayati
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved