Breaking News:

Kisruh PNA

M Zaini Sebut MA Putuskan Kisruh PNA Dikembalikan ke Mahkamah Partai, Bukan Mengakui KLB

Konflik itu terjadi setelah PNA kubu Tiyong menggelar KLB di Bireuen yang melengserkan Irwandi dari posisi Ketua PNA hasil Kongres 2017

Penulis: Masrizal Bin Zairi | Editor: Nur Nihayati
For Serambinews.com
Ketua DPW PNA Banda Aceh, M Zaini 

Konflik itu terjadi setelah PNA kubu Tiyong menggelar KLB di Bireuen yang melengserkan Irwandi dari posisi Ketua PNA hasil Kongres 2017

Laporan Masrizal | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Mahkamah Agung (MA) mengeluarkan putusan kasasi atas gugatan Irwandi Yusuf terhadap tiga rekannya terkait kisruh diinternal Partai Nanggroe Aceh (PNA).

Dalam putusan majelis hakim yang dipimpin Sudrajad Dimyati SH MH bersama dua hakim anggota, Dr Ibrahim SH MH LLM dan Syamsul Ma'arif SH LLM Phd memuat status amar putusan 'tolak'.

Putusan itu diketahui dari website MA pada Selasa (14/7/2020). Artinya, putusan terhadap gugatan Irwandi atas tiga rekannya itu menguatkan putusan Pengadilan Negeri (PN) Banda Aceh.

Ketiga mereka yang digugat adalah Samsul Bahri Bin Amiren alias Tiyong selaku Ketua Umum PNA hasil Kongres Luar Biasa (KLB) menjadi Tergugat 1, Miswar Fuady (Sekjen PNA hasil KLB) sebagai Tergugat 2, dan Irwansyah (Ketua Mahkamah Partai) sebagai Tergugat 3.

Konflik itu terjadi setelah PNA kubu Tiyong menggelar KLB di Bireuen yang melengserkan Irwandi dari posisi Ketua PNA hasil Kongres 2017 dan mengangkat Tiyong sebagai penggantinya.

Arsenal Vs Liverpool, Laga Ke-150 Mohamed Salah Bersama Si Merah, Berikut 5 Fakta Menarik

Pemerintah Aceh Tegaskan Dana Abadi Pendidikan Tak Pernah Dicairkan

Minta Maaf Sambil Nunduk, HH Sudah 1 Tahun Terjun ke Prostitusi, Ketagihan karena Ini

Dalam putusan PN Banda Aceh sebelumnya menyatakan sengketa di tubuh PNA merupakan sengketa internal partai politik yang harus diselesaikan terlebih dahulu di tingkat Mahkamah Partai sebelum diajukan ke pengadilan sebagaimana diatur dalam Pasal 32 Undang-Undang Nomor 2 tahun 2011 tentang Partai Politik.

"Ditolak oleh Pengadilan Negeri dan MA karena mereka tidak berwenang, karena yang berwenang mengadili kisruh internal partai adalah Mahkamah Partai," kata Ketua PNA Banda Aceh, M Zaini kepada Serambinews.com, Rabu (15/7/2020).

Ia menyangkal berita sebelumnya yang memuat pelaksanaan Kongres Luar Biasa (KLB) PNA sudah sah. Menurutnya, putusan MA belum memberikan kemenangan bagi pihak manapun.

"Maka dengan ditolaknya gugatan di dua pengadilan tersebut maka Mahkamah Partai PNA harus menggelar sidang sengketa internal ini dengan didahului penggugat memasukkan gugatannya kembali melalui Mahkamah Partai," ujar Zaini yang juga adik Irwandi ini.

Zaini juga mengimbau kepada para pihak yang bersengketa untuk sama-sama menahan diri dalam mengeluarkan pernyataan yang belum konkrit ke publik.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved