Breaking News:

Berita Aceh Tenggara

Kepala Desa Sebudi Jaya dan Bendahara Jadi Tersangka Kasus Dugaan Korupsi Dana Desa

Korupsi ini diduga dilakukan pada program penyertaan modal di BUMK sebesar Rp 170 Juta, dan dana pembangunan sumur bor yang mencapai Rp 441 Juta.

Dok Kejari Agara
Kasi Pidana Khusus Kejari Aceh Tenggara, Edwardo SH MH menyerahkan.kedua tersangka di Lapas Kelas II B Kutacane, Kamis (23/7/2020) 

Laporan Asnawi Luwi  | Aceh Tenggara 

SERAMBINEWS.COM, KUTACANE - Kejaksaan Negeri (Kejari) Aceh Tenggara, Kamis (23/7/2020) menetapkan tersangka dan menahan Kepala Desa berinisial MN dan MI bendahara desa sebagai tersangka  kasus dugaan korupsi dana Desa Sebudi Jaya, Kecamatan Bukit Tusam, Aceh Tenggara tahun 2019 mencapai Rp 611 juta lebih.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Aceh Tenggara, Syaifullah SH MH didampingi Kasi Pidana Khusus (Pidsus) Edwardo SH MH, kepada Serambinews.com, Jumat (24/7/2020) mengatakan, pengusutan kasus dugaan korupsi ini dari laporan masyarakat desa setempat yang telah melaporkan dana desa 2019 pada tanggal 28 Januari 2020 lalu dengan nomor Print-01/L120/FI1/03/2020 dengan terlapor Kepala Desa Sebudi Jaya.

Dalam perkara ini ada indikasi merugikan keuangan negara mencapai Rp 611.810.000. Menurut dia, paket proyek dana desa diselewengkan dengan membuat laporan fiktif seperti penyertaan modal di Badan Usaha Milik Kute (BUMK) sebesar Rp 170 Juta, dan dana pembangunan sumur bor untuk 90 Kepala Keluarga mencapai Rp 441 Juta.

Kedua kegiatan tersebut diduga difiktifkan Kepala Desa dan Bendahara Desa untuk memperkaya diri dengan uang desa.

"Terhadap kedua tersangka, pihak Pidsus Kejari Agara telah menititipkan untuk penahan tersangka di Lapas Kelas II B Kutacane selama 20 hari untuk dapat diserahkan ke jaksa penuntut umumnya," ujar Edwardo SH MH.(*)

Vaksin Sinovac Sudah Tiba di Indonesia untuk Cegah Corona, Seberapa Ampuh?

Dua Jet Tempur AS Dekati Pesawat Komersial Iran yang Tengah Mengudara, Penumpang Luka-luka

Posting Ceramah Ustadz Somad Soal Konten Sedekah, Baim Wong Tersentil: Apakah Sudah Benar Atau Belum

VIDEO - Kisah Wanita Jatuh Cinta Pada Pria Gelandangan Tidur Beralas Kotak

Penulis: Asnawi Luwi
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved