Breaking News:

Berita Bireuen

Harga Daging di Bireuen Capai Rp 170.000 Per Kilogram, Pembeli Menurun, Ini Dugaan Penyebabnya

Hari meugang sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Aceh. Hari meugang yaitu hari atau dua dan satu hari sebelum masuk bulan puasa Ramadhan, dan...

Penulis: Ferizal Hasan | Editor: Jalimin
SERAMBINEWS.COM/FERIZAL HASAN
Pedagang daging berjajaran di sepanjang ruas jalan Langgar Square atau Jalan Rel Kereta Api, Kota Bireuen, Rabu (29/7/2020). 

Laporan Ferizal Hasan I Bireuen

 

SERAMBINEWS.COM, BIREUEN - Hari meugang sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Aceh. Hari meugang yaitu hari atau dua dan satu hari sebelum masuk bulan puasa Ramadhan, dan jelang Hari Raya Idul Fitri dan serta jelang Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah atau Hari Raya Qurban.

Setiap hari meugang, masyarakat Aceh selalu menyembelih sapi dan kerbau untuk persiapan menu makanan bagi setiap warga Aceh. Baik orang kaya maupun orang miskin di Aceh, pada hari meugang, harus ada masakan kuah daging di rumahnya.

Karena itu, tidak heran kalau di Aceh banyak pedagang daging pada hari meugang. Namun harga dagingpun sangat tinggi di Aceh. Seperti halnya di Kabupaten Bireuen, harga daging sapi mencapai Rp 160.000 - Rp 170.000 per kilogramnya.

Meskipun harga daging cukup mahal ditengah pandemi Covid-19 atau Era New Normal ini, namun masih banyak yang membeli daging.

Pun demikian, berbeda dengan hari meugang pada tahun-tahun sebelumnya. Kalau dulu pembeli daging sangat ramai, pada masa new normal ini, sedikit berkurang.

Kondisi ini diduga akibat hancurnya perekonomian masyarakat Indonesia, umumnya di Aceh dan khususnya di Kabupaten Bireuen, akibat Covid-19.

"Meugang Idul Adha 1441 Hijriah tahun 2020 ini, pembeli daging sedikit berkurang, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya," ujar Azhar, pedagang daging di Pasar Daging Bireuen, Rabu (29/7/2020).

Pedagang daging berharap harga daging dapat bertahan normal, meskipun permintaan menurun.(*)

Begini Cara Jamak Shalat & Jamak Qashar, Dikerjakan karena Perjalanan Jauh, Termasuk Mudik Idul Adha

Anggota DPR RI Nazaruddin Dek Gam Daftar Jadi Calon Ketua DPW PAN Aceh, Ini Alasannya

Memasuki Sepekan Razia Patuh Seulawah di Lhokseumawe, Ini Total Kendaraan yang Ditilang

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved