Breaking News:

Kasus Covid-19 di Aceh Melonjak, Sehari 22 Orang Positif

Dalam sehari, 22 orang terkonfirmasi positif Corona. Dari jumlah itu, empat orang merupakan dokter dan seorang perawat

Editor: bakri
SERAMBINEWS.COM/Handover
dr. Hanif, Kepala Dinas Kesehatan Aceh 

BANDA ACEH - Pertambahan kasus Covid-19 di Aceh pada Selasa (27/7/2020), meningkat tajam. Dalam sehari, 22 orang terkonfirmasi positif Corona. Dari jumlah itu, empat orang merupakan dokter dan seorang perawat. Selebihnya adalah pasien non-medis atau masyarakat.

Dengan tambahan ini, total kasus Covid-19 di Aceh sejak pertengahan Maret lalu sudah mencapai 193 orang.

Kadis Kesehatan Aceh, dr Hanif, kepada Serambi, di Banda Aceh, sore kemarin, menyebutkan, 13 dari 22 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 itu diketahui berdasarkan hasil pemeriksaan swab berbasis real time polymerase chain reaction (RT-PCR) di Laboratorium Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Banda Aceh. Sedangkan sembilan spesimen lainnya diketahui positif Corona dari hasil uji swab di Laboratorium Balitbangkes Aceh yang berlokasi di Gampong Bada, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar.

Berdasarkan tempat domisili, sebut Hanif, pasien baru itu terbanyak bermukim di Banda Aceh yang mencapai delapan orang, disusul Bener Meriah enam orang, Aceh Besar tiga orang, Langsa dua orang, serta Aceh Utara dan Pidie masing-masing satu orang. Sedangkan satu orang lainnya berasal dari luar Aceh.

Warga Banda Aceh yang positif Covid-19 kemarin adalah A (48), K (31), dan H (32), ketiganya perempuan. Sedangkan lima lainnya adalah laki-laki yaitu I (50), MHH (16), FAK (30), MI (36), dan ET (33). Yang positif Covid-19 dari Bener Meriah adalah J (31), M (?), TI (23), dan S (20). Keempatnya laki-laki. Dua lagi adalah perempuan yakni HN (30) dan MR (38).

Di Aceh Besar, tiga pasien terbaru Covid-19 berinisial S (59) dan M (28), laki-laki, serta B (73), perempuan. Dua pasien Covid-19 dari Langsa adalah HIP (20) dan RIP (40), keduanya pria. Pasien Covid-19 di Aceh Utara berinisial HZ (57) dan di Pidie Z (34). Sedangkan pasien dari luar Aceh berinisial GGS (26), laki-laki.

Terpisah, Direktur Rumah Sakit Umum dr Zainoel Abidin (RSUZA) Banda Aceh, Dr dr Azharuddin SpOT K-Spine FICS, menambahkan, dari delapan orang di Banda Aceh yang positif Covid-19 hari ini (kemarin-red), lima di antaranya tenaga medis. Mereka terdiri atas satu dokter umum, tiga dokter yang sedang mengikuti program pendidikan dokter spesialis (PPDS), dan satu perawat.

Menurut Azharuddin, mereka ini diketahui terinfeksi virus Corona dari hasil tracing kontak erat dengan pasien pria yang positif Covid-19 di IGD RSUZA, yakni TI (79). Mereka yang positif tersebut, sambungnya, sudah diisolasi, diobati, dan dipantau secara ketat hingga nanti dinyatakan sembuh.

Dua hari lalu, tambah Azharuddin, pria TI datang ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUZA dengan keluhan lemas dan sesak napas. Lalu, dilakukan pemeriksaan rapid antigen dan hasilnya positif. Dilanjutkan dengan pemeriksaan tes cepat molekuler (TCM). Hasilnya juga positif.

Belakangan, terjadi penularan lokal setelah TI berada di IGD RSUZA dan diduga menginfeksi lima tenaga medis yang bertugas di instalasi tersebut.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved