Breaking News:

Update Corona di Simeulue

Satgas di Simeulue Surati Plt Gubernur Terkait Lambannya Informasi Pasien Covid-19 yang Meninggal

Akibat lambatnya informasi yang diterima oleh tim Satgas dari pihak provinsi, telah menyebabkan proses pemulangan jenazah dari Banda Aceh ke Simeulue.

For Serambinews.com
Juru Bicara Covid-19 Simeulue, Ali Muhayatsah, menyampaikan kepada media hasil rapid test kedua kali dari keluarga SB di Suka Jaya, Kecamatan Simeulue Timur, Kamis (14/5/2020).   

Laporan Sari Muliyasno I Simeulue

SERAMBINEWS.COM, SINABANG - Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Simeulue, menggelar rapat yang turut dihadiri berbagai unsur terkait seorang warga Simeulue, PA (19) yang terkonfirmasi positif berdasarkan hasil swab.

Rapat tersebut berlangsung Sabtu (1/8/2020) di Gedung Serbaguna setempat.

VIDEO - Laga CRV - Pickup, Mobil Nyaris Hancur Beberapa Hewan Kurban Tergeletak di Jalan

Terlibat Cek Cok Karena Tak Pakai Helm, Polisi Tusuk Dahi Pengendara dengan Kunci Motor

Jumlah Kasus Virus Corona Arab Saudi Terus Turun

Akibat lambatnya informasi yang diterima oleh tim Satgas dari pihak provinsi, telah menyebabkan proses pemulangan jenazah dari Banda Aceh ke Simeulue hingga proses pemakaman dilakukan tanpa melalui protokoler kesehatan.

Informasi diterima oleh tim satgas Covid-19 Simeulue, setelah selesai pemakaman almarhumah.

Jubir Covid-19 Simeulue Ali Muhayatsah, menyebutkan ada beberapa tindaklanjut dari hasil rapat tim satgas setempat di antaranya, melakukan tracking terhadap keluarga dan warga yang kontak langsung dengan jenazah dan keluarga korban.

Kemudian, melakukan karantina mandiri selama 14 hari di bawah pengawasan oleh tim satgas Covid-19 kabupaten, kecamatan dan desa.

Lalu melakukan rapid tes kepada keluarga dan kontak sesuai dengan daftar tracking yang dilakukan.

"Bagi yang terkonfirmasi hasil rapid tes akan dilanjutkan tes swab dan akan dilakukan isolasi di RSUD Simeulue," katanya.

Lebih lanjut, oleh Tim Satgas Covid-19 Simeulue akan mengirim surat kepada Gubernur Aceh cq Dinas Kesehatan Aceh terkait kelalaian dan keterlambatan informasi yang di terima di kabupaten sehingga terjadinya kasus almarhumah PA.

Tim Satgas, tetap mengimbau masyarakat Simeulue agar selalu mematuhi protokol kesehatan dengan tetap memakai masker, cuci tangan dan menjaga jarak.(*)

Penulis: Sari Muliyasno
Editor: Ansari Hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved