Update Corona di Abdya

20 Warga Terpapar Corona, Bupati Abdya Tunggu Kajian Teknis Tutup Sementara RSU Teungku Peukan

Keputusan ditutup tidaknya pelayanan kesehatan di rumah sakit tersebut memang kewenangan Bupati, namun terlebih dahulu harus ada kajian teknis. Dari m

IST
AKMAL IBRAHIM, Bupati Abdya 

Laporan Zainun Yusuf | Aceh Barat Daya

SERAMBINEWS.COM, BLANGPIDIE – Bupati Aceh Barat Daya (Abdya), Akmal Ibrahim SH yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 menjelaskan penutupan sementara Rumah Sakit Umum Teungku Peukan (RSU TP) harus ada kajian teknis dari pihak rumah sakit setempat.

“Keputusan ditutup tidaknya pelayanan kesehatan di rumah sakit tersebut memang kewenangan Bupati, namun terlebih dahulu harus ada kajian teknis. Dari mana, kajian teknis, ya dari pihak rumah sakit, ” kata Akmal Ibrahim kepada Serambinews.com, Minggu (2/8/2020).

Setelah ada kajian teknis, tambahnya, Bupati dapat memutuskan pelayanan ruang mana saja yang ditutup sementara, dan pelayanan yang tetap dibuka. Dan, bisa juga tidak ditutup dengan ketentuan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Bupati Abdya menjelaskan hal itu terkait saran bahwa pelayanan kesehatan di RSU TP tutup sementara, seiring melonjaknya kasus positif Covid-19 di Abdya, dan sebagian besar mereka adalah tenaga medis di rumah sakit tersebut.

Saran ditutup sementara RSU TP antara lain datang dari Anggota DPRK Abdya, Julinardi.

“Ada baiknya pelayanan kesehatan di RSU TP ditutup sementara, kecuali pelayanan di IGD, dan RIK (Ruang Isolasi Khusus) Covid-19,” katanya.

Saran tersebut sehubungan tenaga medis yang dinyatakan positif Corona melonjak tiba-tiba, sehingga kebijakan menghentikan sementara pelayanan kesehatan bisa mencegah penyebaran Corona.

Kepala Dinas Kesehatan Abdya, Safliati SST MKes dihubungi Serambinews.com, Minggu (2/8/2020), pihaknya sudah menghubungi Direktur RSU TP, dr Ismail Muhammmad SpB untuk melaporkan kepada Bupati tentang situasi terkini di ‘Rumah Sakit Korea’ tersebut.

Safliati mengakui bahwa jumlah kasus positif terpapar Covid-19 di Abdya semakin meningkat. Total kasus positif hingga Senin (1/8/2020) malam, tercatat 20 kasus, 15 diantaranya merupakan tenaga medis di RSU TP Abdya.

Halaman
123
Penulis: Zainun Yusuf
Editor: Ansari Hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved