Update Corona di Aceh Selatan

Kasus Covid Meningkat, Ini Pesan Plt Kepala Dinas Kesehatan Aceh Selatan

SERAMBINEWS.COM, TAPAKTUAN - Lonjakan kasus positif Covid sudah tinggi di semua daerah Aceh termasuk Aceh Selatan meningkat

Serambinews.com
Plt Kepala Dinas Kesehatan Aceh Selatan, Novi Rosmita SE MKes 

Laporan Taufik Zass | Aceh Selatan

SERAMBINEWS.COM, TAPAKTUAN - Lonjakan kasus positif Covid sudah tinggi di semua daerah Aceh termasuk Aceh Selatan meningkat.

Per tanggal 1 Agustus 2020 sudah 17 orang, 13 orang diantaranya sedang isolasi/karantina mandiri, 3 selesai isolasi dan dinyatakan negatif dan 1 pasien meninggal dunia.

"Kita ambil hikmah dari kajadian ini agar kita lebih berhati - hati dan menjaga diri dan keluarga dari covid -19 dan sudah ada satu yang meninggal karena positif covid," kata Plt Kepala Dinas Kesehatan Aceh Selatan, Novi Rosmita, M.Kes, Minggu (2/8/2020).

17 Warga Aceh Selatan Positif Corona, 13 Sedang Diisolasi, 3 Sembuh, 1 Meninggal dunia

Diungkapkannya, wabah covid -19 / terkonfirmasi Positif ada yang bergejala dan yang tidak bergejala atau sering di bilang OTG tapi sudah terkonfirmasi positif.

"Sekarang di pedoman revisi ke 5 kementerian kesehatan memperbolehkan untuk melakukan karantina/isolasi mandiri di rumah pastinya dengan seluruh keluarga yang kontak juga harus melakukan karantina /isolasi mandiri," papar Novi.

3 Cara Mudah Menghilangkan Bau Prengus Daging Kambing, Lakukan Langkah Ini

Disamping itu, lanjutnya, pemerintah juga diperbolehkan untuk menyiapkan tempat karantina /isolasi bagi OTG yang terkonfirmasi sesuai surat edaran Gubernur tertanggal 30 Juli 2020.

"Bagi masyarakat yang sudah terkonfirmasi positif namun tanpa gejala (OTG) yang tidak mempunyai ruang yang memadai di rumah atau tidak bisa melakukan karantina mandiri di rumah yang membuat resah masyarakat setempat, Pemda Aceh Selatan melalui gugus tugas juga sudah menyiapkan tempat karantina/isolasi yang ada di Panjupian," katanya.

Dua Residivis di Langsa Kembali Ditangkap Edarkan Sabu

Sedangkan RSUD-YA, tambah Novi, sekarang hanya merawat pasien positif yang mempunyai gejala.

Karenanya Plt Kadis Kesehatan Aceh Selatan ini meminta dukungan, bagi yang sudah terkonfirmasi positif mereka juga harus mengelola stres dengan baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

"Karena penyakit covid -19 bukan aib, mari bersama sama kita beri dukungan dan Support agar mereka cepat pulih dan segera hasilnya Negatif," pungkasnya.(*)

AS Beri Sanksi Kepada Organisasi Paramiliter di China, terkait Pelanggaran HAM Terhdap Etnis Uighur

Penulis: Taufik Zass
Editor: Hadi Al Sumaterani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved