Breaking News:

Update Corona di Aceh Tengah

Jumlah Warga Aceh Tengah Terkonfirmasi Positif Covid-19 Meningkat

Hingga Senin (3/8/2020), tercatat sudah delapan warga Kabupaten Aceh Tengah yang terkonfirmasi positif Covid-19. Sedangkan 52 orang lainnya masih...

SERAMBINEWS.COM/MAHYADI
Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid -19, Aceh Tengah, dr Yunasri. 

 

Laporan Mahyadi | Aceh Tengah

 

SERAMBINEWS.COM, TAKENGON – Lonjakan warga Kabupaten Aceh Tengah yang terkonfirmasi positif Covid-19 meningkat tajam dalam sepekan terakhir. Pasalnya daerah yang sebelumnya ditetapkan sebagai kabupaten berstatus hijau terhadap penyebaran virus corona, tetapi tiba-tiba beberapa warganya dinyatakan positif terpapar Covid-19.

Hingga Senin (3/8/2020), tercatat sudah delapan warga Kabupaten Aceh Tengah yang terkonfirmasi positif Covid-19. Sedangkan 52 orang lainnya masih menunggu hasil pemeriksaan swab.

“Sampai dengan hari ini, sudah ada delapan orang. Enam orang diantaranya dirawat di Ruang Isolasi RSU Datu Beru, serta dua lagi dirawat di Banda Aceh,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Aceh Tengah, dr Yunasri kepada Serambinews.com, Senin (3/8/2020).

Disebutkan Yunasri, hasil pemeriksaan swab untuk 52 orang warga lainya, diperkirakan dalam waktu dekat akan segera keluar, sehingga bisa diketahui jumlah warga yang terkonfirmasi positif Covid-19.

“Tentu harapan kita, jumlahnya tidak lagi bertambah. Tapi 52 orang yang mengikuti pemeriksaan swab, merupakan warga yang pernah kontak langsung dengan pasien positif sebelumnya,” jelasnya.

Yunasri menambahkan, untuk mengansitipasi penyebaran Covid-19 lebih luas, Tim Gugus Tugas Aceh Tengah, melakukan penelusuran (tracking) secara agresif serta pemeriksaan secara aktif bagi warga yang pernah kontak dengan pasien positif.

“Dimungkinkan, ada beberapa warga lagi yang harus mengikuti pemeriksaan swab. Inilah yang masih kami telusuri sehingga bisa memutus mata rantai penyebarannya,” imbuh Yunasri.

Adanya warga yang terkonfirmasi positif, membuat Pemkab Aceh Tengah, mengetatkan kembali pemeriksaan terhadap warga yang masuk ke daerah tersebut.

Selain itu, pemerintah setempat, meminta warganya untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan agar terhindar dari paparan Covid-19.

“Ini merupakan kasus pertama, tetapi jumlahnya langsung meningkat. Untuk itu, jangan sampai kita abaikan protokol kesehatan, pakai masker cuci tangan, dan hindari kerumunan,” pungkasnya.(*)

Tiga Warga Aceh Timur Positif Covid-19 Masih Jalani Isolasi Mandiri di Rumah

Niatnya Berenang, Pria Ini Tenggelam dan Ditemukan Tewas setelah Melompat di Air Terjun

Di Aceh Besar, Harga Udang Vaname Cenderung Turun, Sedangkan Harga Ikan Stabil

Penulis: Mahyadi
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved