Breaking News:

Jurnalisme Warga

Asyiknya Belajar Bahasa Inggris Gratis di Pidie

Di era globalisasi modern sekarang ini, bahasa asing menjadi salah satu modal penting dalam berkomunikasi dengan orang luar

Asyiknya Belajar Bahasa Inggris Gratis di Pidie
IST
IDA FITRI HANDAYANI, Guru SMA 4 Banda Aceh dan Anggota Forum Aceh Menulis (FAMe) Chapter Pidie, melaporkan dari Sigli

OLEH IDA FITRI HANDAYANI, Guru SMA 4 Banda Aceh dan Anggota Forum Aceh Menulis (FAMe) Chapter Pidie, melaporkan dari Sigli

ADA pepatah yang mengatakan, dengan menguasai bahasa asing, maka dunia berada di genggamanmu.

Hal itu sepertinya memang tak mungkian dielakkan. Di era globalisasi modern sekarang ini, bahasa asing menjadi salah satu modal penting dalam berkomunikasi dengan orang luar. Dan salah satu bahasa asing yang mulai tak asing lagi itu adalah bahasa Inggris.

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional, sehingga bahasa ini digunakan lebih dari ¾ negara di dunia ini. Maka dari itu, untuk mempermudah berkomunikasi dengan orang asing kita mestinya mahir berbahasa asing, minimal bahasa Inggris.

Akhir-akhir ini keberadaan bahasa Inggris semakin digemari, bahkan beberapa daerah menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa wajib. Sehingga banyak orang yang berusaha menguasai bahasa Inggris. Untuk mewujudkan itu banyak berdiri bimbingan belajar yang menyediakan kursus agar peserta mampu belajar bahasa asing dengan metode-metode yang beragam.

Untuk mengikuti kursus atau bimbel tentu kita harus mengeluarkan kocek yang tidak sedikit. Bagi yang mampu tentu itu bukan masalah, tapi bagi yang ekonomi menengah ke bawah ada hal yang lebih prioritas lagi, seperti memenuhi kebutuhan pokok, biaya sekolah, dan lain-lain.

Akan tetapi, ada hal yang tidak bisa dipungkiri di era sekarang juga telah banyak berdiri gerakan atau komunitas yang secara sukarela membagi ilmu sehingga tak selamanya belajar itu berbayar. Bagi masyarakat Pidie, kita bisa belajar bahasa Inggris secara gratis bersama komunitas English Lover Citizen.

English Lover Citizen yang saat ini berganti nama menjadi English Discussion Club (EDC), merupakan sebuah komunitas yang didirikan oleh kaum milenial yang ada di Pidie sebagai wadah untuk melatih semua orang yang ingin bisa berbicara menggunakan bahasa Inggris.

Komunitas yang berdiri sejak tahun 2013 ini terbuka untuk umum, tidak dikhususkan untuk pelajar dan mahasiswa, bahkan emak-emak pun boleh mengikuti kelas ini. Untuk bergabung hanya memerlukan keyakinan dan tekad untuk bisa, semuanya akan dipelajari bersama-sama.

Kegiatan komunitas ini diadakan setiap hari Minggu pukul 15.30 WIB di Horas Coffee Sigli. Program rutin tetap meet up dengan tema-tema berbeda, tapi saat ada kesempatan teman-teman dari komunitas ini juga mengadakan program tur, mereka juga berusaha mengahadirkan native speaker atau penutur asli bahasa Inggris.

Halaman
123
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved