Breaking News:

Berita Aceh Selatan

Cetak Dokumen Kependudukan Kini Bisa Pakai Kertas HVS, Mulai Berlaku 1 Juli 2020, Kecuali untuk Ini

Penggunaan kertas ini untuk pencetakan Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran, Akta Kematian, Akta Perceraian dan lain-lain, kecuali KTP dan KIA.

For Serambinews.com
Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Kadisdukcapil) Aceh Selatan, H Lahmuddin SSos MSi 

Laporan Taufik Zass | Aceh Selatan

SERAMBINEWS.COM, TAPAKTUAN - Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia terus membuat inovasi guna mempermudah pelayanan kepada masyarakat.

Dengan disahkannya Permendagri Nomor 109 Tahun 2019 tentang Formulir dan Buku yang digunakan dalam administrasi kependudukan, maka mulai 1 Juli 2020, pencetakan seluruh dokumen kependudukan (kecuali KTP-elektronik dan Kartu Identitas Anak atau KIA), sudah menggunakan kertas HVS 80 gram berwarna putih.

Terkait implementasi pelaksanaan Permendagri Nomor 109 Tahun 2019 itu, Bupati Aceh Selatan, Tgk Amran sudah mengeluarkan Surat Edaran Nomor: 470/II tertanggal 6 Juli 2020.

Surat ini ditujukan kepada para kepala perangkat daerah, para pimpinan lembaga/instansi vertikal, para camat, dan seluruh lapisan masyarakat Aceh Selatan dengan tembusan Ketua DPRK Aceh Selatan, Kepala Dinas Registrasi Kependudukan Aceh, dan Kadisdukcapil Aceh Selatan.

Dalam Surat Edaran Bupati Aceh Selatan itu diterangkan, bahwa terhitung tanggal 1 Juli 2020 semua output pelayanan administrasi kependudukan pada Disdukcapil sudah menggunakan kertas putih biasa dengan spesifikasi kertas HVS 80 gram dengan ukuran A4.

15 Tahun Damai Aceh, Puluhan Penyair Indonesia Tulis Puisi untuk Aceh

Bank Aceh Syariah Komit Jadi Penyangga Ekonomi Daerah, Dorong Pertumbuhan Ekonomi Dunia Usaha

Kapasitas Rumah Sakit Penuh, Dinkes Banda Aceh akan Cari Gedung Khusus untuk Isolasi

Penggunaan kertas ini untuk pencetakan Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran, Akta Kematian, Akta Perceraian dan lain-lain, kecuali Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Identitas Anak (KIA).

Untuk menunjang pelaksanaan kebijakan tersebut, Disdukcapil Aceh Selatan telah melakukan update aplikasi Sistem Informasi dan Administrasi Kependudukan (SIAK) versi 7.3.4, beberapa waktu lalu.

“Perbedaan SIAK versi 7.3.4 dengan versi sebelumnya adalah seluruh pelayanan dokumen kependudukan harus mengisi nomor handphone dan email,” jelas Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Kadisdukcapil) Aceh Selatan, H Lahmuddin SSos MSi saat dikonfirmasi Serambinews.com, Kamis (6/8/2020).

“Versi terbaru aplikasi SIAK ini memungkinkan masyarakat dapat melakukan pencetakan dokumen kependudukan secara mandiri dengan spesifikasi kertas yang telah ditentukan dari email yang dicatatkan tanpa perlu datang kembali ke Disdukcapil,” imbuhnya.

Disamping itu, lanjut H Lahmuddin, masyarakat juga bisa memiliki file dokumen kependudukan seperti akta kelahiran dan Kartu Keluarga yang dapat dilakukan pencetakan berulangkali dan tidak khawatir untuk kehilangan.

Peringatan 75 Tahun Bom Nuklir di Hiroshima dari Little Boy jadi Origami Bangau, Ini Faktanya

Viral, Aksi Puluhan Remaja Bakar Knalpot Sepeda Motor, Keluarkan Api Besar dan Kepulan Asap

Lamaran Ditolak, Dosen Ini Bunuh Mahasiswinya, Ternyata Korban Masih Saudara Sendiri

Sedangkan untuk pengecekan keaslian dokumen kependudukan, tambah dia, dapat dilakukan dengan melakukan scan QR-code pada tanda tangan elektronik (TTE) yang ada pada masing-masing dokumen kependudukan.

Secara terpisah, Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Aceh Selatan, Drs Iwan Masdi mengaku, penggunaan kertas HVS 80 gram berwarna putih untuk seluruh pencetakan dokumen kependudukan (kecuali KTP-el dan KIA) sudah dimulai tanggal 1 Juli 2020.

“Kini kita juga sudah membuat aplikasi layanan online administrasi kependudukan dan pencatatan sipil dengan link: https://acehselatan.dukcapil.online. Cuma masih tahap uji coba, mudah-mudahan ke depannya semakin baik. Kalau ada rekan yang ingin mencoba, boleh kunjungi link tersebut,” pungkasnya.(*)

Penulis: Taufik Zass
Editor: Saifullah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved