Breaking News:

Update Corona Aceh Tengah

Di Aceh Tengah, Delapan Orang Terkonfirmasi Positif

Jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Aceh Tengah sampai dengan Kamis (6/8/2020) berjumlah delapan orang. Dua orang diataranya...

SERAMBINEWS.COM/MAHYADI
Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid -19, Aceh Tengah, dr Yunasri. 

 

Laporan Mahyadi | Aceh Tengah

 

SERAMBINEWS.COM, TAKENGON – Jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Aceh Tengah sampai dengan Kamis (6/8/2020) berjumlah delapan orang. Dua orang diataranya dirawat di RSU Zainal Abidin, Banda Aceh serta enam orang lagi dirawat di ruang isolasi RSU Datu Beru, Takengon.

Dari delapan orang tersebut, jumlah yang sembuh masih nihil, begitu juga pasien meninggal dunia masih nihil. Sementara itu, ada sekitar 67 orang warga Kabupaten Aceh Tengah, masih menjalani proses isolasi sembari menunggu hasil pemeriksaan swab yang sampai dengan saat ini belum juga keluar.

Delapan orang warga yang terkonfirmasi positif Covid-19, merupakan angka yang tidak sedikit. Pasalnya, Kabupaten Aceh Tengah, sebelumnya merupakan daerah zona hijau karena belum ditemukan adanya warganya yang dinyatakan positif. Tapi ketika wabah tersebut, masuk ke Aceh Tengah, dalam waktu dua hari, sudah ada delapan orang yang terkonfirmasi positif.

Melonjaknya jumlah warga terkonfirmasi positif, membuat Pemkab Aceh Tengah, mengetatkan kembali penerapan protokol kesehatan, meskipun sebelumnya sempat menyiapkan strategi penerapan new normal (tatanan baru). Alhasil, belajar tatap muka untuk SMA, SMP dan SD sederajat kembali ditunda.

Begitu juga dengan sektor pariwisata. Objek-objek pariwisata yang ada di daerah penghasil kopi arabika itu, kembali ditutup walaupun selama beberapa pekan sempat dibuka bagi para pengunjung. Pemeriksaan di pintu-pintu masuk diperkuat, imbauan protokol kesehatan bagi warga digencarkan kembali.

“Sampai sore ini, jumlah pasien yang terkonfirmasi positif, masih delapan orang. Belum ada yang dinyatakan sembuh, dan juga untuk yang meninggal dunia masih nihil. Sudah tentu, harapan kita semua pasien terkonfirmasi positif bisa sembuh semua,” kata Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Aceh Tengah, dr Yunasri kepada Serambinews.com, Kamis (6/8/2020).

Untuk mencegah penyebaran Covid-19, lebih meluas Pemkab Aceh Tengah, mengerahkan petugas dari sejumlah instansi terkait untuk melacak atau menelusuri warga yang pernah kontak langsung dengan pasien yang dinyatakan positif.

“Kami terus melakukan tracking secara agresif, sehingga peluang penyebarannya bisa diperkecil,” sebut Yunasri.

Untuk upaya pencegahan lainnya, Pemkab Aceh Tengah, tetap mengimbau agar masyarakat dapat mmematuhi protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, mencuci tangan, hindari keramaian, serta beberapa langkah lainnya. “Kalau tidak ada urusan penting, tidak perlu keluar rumah, agar bisa lebih aman,” pungkasnya.(*)

Tak Diterima Rumah Sakit karena Dikira Corona, Bocah Ini Akhinya Meninggal, Padahal Tertelan Koin

Bupati Bireuen Minta Dayah Terapkan Protokol Kesehatan untuk Mencegah Covid-19

Warga Terinfeksi Covid-19 di Lhokseumawe Capai 22 orang, 2 Meninggal, 10 orang Sembuh

 

Penulis: Mahyadi
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved