Breaking News:

Hukuman Mati

Ketiga kalinya, China Jatuhkan Hukuman Mati kepada Warga Kanada

"Otoritas terkait China menangani kasus ini secara independen sesuai dengan hukum. Saya tidak berpikir itu akan berdampak pada hubungan China-Kanada,"

TRIBUNNEWS.COM
Ilustrasi hukuman mati 

SERAMBINEWS.COM - Pengadilan China menjatuhkan hukuman mati terhadap seorang warga Kanada pada Kamis (6/8/2020) karena kasus narkoba.

Keputusan ini merupakan yang ketiga terhadap orang Kanada yang dihukum mati sejak Kanada menahan eksekutif Huawei pada 2018 lalu.

Mengutip Reuters, warga Kanada yang dijatuhkan hukuman mati itu bernama Xu Weihong. Ia dijatuhkan hukuman mati setelah persidangan di Kota Guangzhou Selatan, kata Pengadilan Tinggi Guangzhou dalam situs webnya.

Kendati tidak dijelaskan, obat-obatan apa yang dituduhkan kepada warga Kanada tersebut dan rincian kejahatannya. Namun pengadilan memerintahkan agar properti miliknya disita.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin mengatakan bahwa narkoba merupakan kejahatan yang sangat serius dan hukuman itu setara dengan kejahatannya.

"Otoritas terkait China menangani kasus ini secara independen sesuai dengan hukum. Saya tidak berpikir itu akan berdampak pada hubungan China-Kanada," kata Wang.

Namun seorang warga negara China bernama Wen Guanxiong, juga didakwa karena narkoba dalam kasus yang sama, tapi hanya dijatuhkan penjara seumur hidup.

Hubungan China dan Kanada memburuk tajam setelah Kanada menahan Meng Wanzhou, kepala keuangan raksasa peralatan telekomunikasi Huawei Technologies, di Vancouver pada akhir 2018, atas surat perintah dari Amerika Serikat.

China tahun lalu menjatuhkan hukuman mati atas tuduhan narkoba dalam beberapa kasus terpisah kepada Robert Lloyd Schellenberg dan Fan Wei. Kedua pria tersebut telah mengajukan banding.

Dua pria Kanada lainnya yakni pengusaha Michael Spavor dan Michael Kovrig, mantan diplomat, ditahan di China beberapa hari setelah penangkapan Meng, dan didakwa pada Juni 2020 dengan spionase.

Tiongkok membantah bahwa penangkapan mereka terkait dengan kasus Meng.(*)

Artikel ini telah tayang di kontan.co.id dengan judul ‘Untuk ketiga kalinya, China jatuhkan hukuman mati kepada warga Kanada’

Editor: Eddy Fitriadi
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved